1. Krisan

1. Krisan

Bunga yang memiliki nama latin chrysanthemum coronarium ini termasuk ke dalam jenis edible flowers lho, Ladies. Bunga dengan ciri khas warna merah, putih, ungu, kuning, dan oranye ini memiliki rasa seperti kembang kol namun sedikit pahit. Biasanya bunga krisan disajikan dalam salad, kue, dan bahkan bisa dijadikan sebagai teh.
 
Bunga krisan memiliki kandungan glikosida, adenine, asam amino, dan kaya akan mineral. Selain itu, setiap warna pada bunga krisan juga mengandung vitamin, seperti vitamin B dan C, lalu juga ada B-karoten yang merupakan bagian dari vitamin A.
 
Jenis edible flowers yang satu ini memiliki khasiat, seperti membantu kesehatan jantung, melindungi infeksi dari bakteri, meningkatkan fungsi otak, menyehatkan mata dan telinga, membantu menyeimbangkan kadar kolesterol, meringankan sakit kepala, dan detoksifikasi racun di dalam hati.
 

2. Marigold

2. Marigold

Nama latin dari bunga ini adalah calendula officinalis juga termasuk ke dalam jenis bunga yang bisa dikonsumsi, Ladies. Biasanya, bunga marigold atau calendula ini banyak ditemui pada campuran salad.
 
Bunga marigold atau calendula memiliki rasa sedikit pedas, sedikit pahit, dan tajam. Bunga yang satu ini memiliki sifat anti-inflamasi, anti-mikroba, dan anti-jamur. Bunga berwarna kuning-oranye ini memiliki khasiat seperti membantu mengobati luka pada lambung dan usus, mencegah kejang otot, mengurangi demam, dan masalah kram perut saat menstruasi.
 

baca juga

3. Nasturtium

3. Nasturtium

Nasturtium atau juga dikenal dengan nama latin tropaeolum majus ini termasuk dalam salah satu jenis bunga yang paling sering dikonsumsi. Biasanya, bunga nasturtium dijadikan sebagai hiasan piring hingga tambahan untuk salad, sandwich, dan makanan pembuka lainnya.
 
Salah satu jenis bunga yang termasuk dalam edible flowers ini memiliki kandungan vitamin C dan lutein. Selain itu, bunga nasturtium juga memiliki banyak nutrisi yang berkhasiat untuk mengantisipasi gangguan mata, diabetes, penyakit jantung, dan kanker.
 

4. Pansy

4. Pansy

Jenis edible flowers selanjutnya ialah pansy atau yang memiliki nama latin viola x wittrickiana. Bunga yang satu ini menghasilkan sensasi dingin seperti daun mint dan sedikit grassy. Bunga pansy biasanya dijadikan sebagai hiasan, campuran salad buah, dan makanan pencuci mulut lainnya.
 
Bunga pansy memiliki sifat anti-bakteri, anti-jamur, antioksidan, dan memiliki senyawa bioaktif seperti beta sitosterol, stigmasterol, dan lupeol yang berkhasiat sebagai agen anti HIV, membantu menurunkan tekanan darah, dan mengobati gangguan syaraf.
 

baca juga

5. Viola

5. Viola

Bunga yang termasuk ke dalam spesies viola adalah pansy dan johny jump up. Jika jenis viola ini digabungkan, maka tampak menarik sekali karena menampilkan warna pastel yang indah. Bunga viola memiliki rasa manis dan khas floral taste, lho. Oleh sebab itu, bunga ini kerap dijadikan sebagai pendamping yang sempurna untuk segala jenis makanan, seperti salad.

Bunga viola memiliki sifat anti-hipertensi, mengandung bahan kimia alami asparagine, kolin, dan polin. Bunga kecil-kecil ini berkhasiat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi hingga sebagai agen anti HIV karena juga mengandung senyawa bioaktif.