Influencer atau selebgram yang biasanya mempunyai puluhan hingga ratusan ribu followers ini tentunya akan membantu proses pemasaran dengan mempromosikan produk tertentu, misalnya baju, hijab, sepatu, tas, dll. Tujuannya tentu agar orang-orang menjadi tertarik sampai melakukan pembelian produk tersebut. Proses pemasaran melalui influencer ini kerap disebut sebagai endorsement. Pasti kamu sudah tak asing lagi kan dengan istilah tersebut?

Walaupun harga endorsement selebgram terhitung enggak murah, masih banyak lho yang memilih strategi promosi ini. Nah, agar strategi promosi ini bisa lebih efektif dan menghasilkan untung, yuk simak tips mengirim endorse ke selebgram berikut!


 

1. Pilih selebgram yang sesuai dengan target pasarmu

Langkah pertama ada pilih dan tentukan selebgram yang followersnya sesuai dengan target pasarmu. Misalnya, kamu berjualan pakaian muslim seperti hijab dan tunik. Maka pilihlah selebgram yang memakai hijab dan cocok ketika menggunakan tunik. Begitu juga jika kamu berjualan makanan, biasanya ada selebgram yang memang hobi berwisata kuliner. Jangan sampai kamu salah strategi ya, ladies. Bukannya untung, usahamu malah kurang diminati karena salah menentukan selebgram maupun target pasar. 

1. Pilih selebgram yang sesuai dengan target pasarmu


 

baca juga

2. Lihat track recordnya sebagai selebgram

Agar dirinya dipercaya dan terus diminati, selebgram biasanya akan memposting testimoni untuk meyakinkan para online shop menggunakan jasanya. Selain dari testimoni tersebut, lihat juga apakah selebgram tersebut pernah memposting produk yang mirip dengan produkmu? Lihat apakah hasilnya memuaskan? Intinya banyak-banyak mencari tahu ya, ladies!

2. Lihat track recordnya sebagai selebgram
source: https://scontent-dfw5-2.cdninstagram.com


 

3. Tentukan jenis endorsement

Para pemilik bisnis dan usaha juga tentu harus mengetahui perbedaan jenis endorsement. Biasanya selebgram menerima dua jenis endorsement yaitu Paid Endorse (PE) dan Paid Promote (PP), kedua hal ini bisa dilakukan di feed atau Instagram story.

Untuk PE, para selebgram akan mendapatkan produk dari online shop dan me-review di Instagram. Sedangkan PP, para selebgram hanya menayangkan foto yang dikirim, tanpa memakai produk tersebut. Biasanya PP dilakukan di Instagram story dengan harga yang lebih murah karena hanya tayang selama 24 jam saja. Sedangkan jika ditampilkan di feed Instagram, tentu akan lebih lama. 

3. Tentukan jenis endorsement
source: https://unsplash.com


 

baca juga

4. Hubungi selebgram via kontak yang tersedia

Setelah sudah menentukan selebgram mana yang akan dipilih, kamu bisa langsung menghubungi via kontak yang tersedia. Beberapa selebgram menulis nomor kontak manajer atau management-nya di bio Instagram. Pertanyaan seputar endorse bisa ditanyakan langsung via kontak tersebut, ladies. Biasanya kontak tidak hanya berupa nomor telepon, tapi juga ID Line. Dengan berteman di Line, kamu juga bisa mendapatkan info mengenai jadwal mereka membuka endorse, karena beberapa selebgram tidak membuka endorsement setiap saat lho.

4. Hubungi selebgram via kontak yang tersedia
source: https://unsplash.com/


 

5. Sabar menunggu postingan namun tetap follow up kejelasan endorsement

Setelah menghubungi manajer selebgram dan menyelesaikan proses transaksi, kamu biasanya harus sabar menunggu. Selebgram jarang secara cepat mem-posting produk dari online shop. Khususnya selebgram yang sudah terkenal dan menerima barang endorsement yang banyak setiap harinya.

Proses dari pengiriman barang hingga postingan itu bisa memakan waktu 1-2 bulan, tergantung kesibukan selebgram. Jadi hitung dan pastikan bahwa produk yang dipromosikan sudah tersedia, karena biasanya orang-orang akan mengincar produk yang sama yang ditampilkan oleh selebgram. Pastikan juga kamu meminta soft file foto selebgram memakai produkmu dari manajemen terkait untuk di-repost di akun Instagram online shop-mu ya, ladies.

5. Sabar menunggu postingan namun tetap follow up kejelasan endorsement
source: https://unsplash.com