1. Matikan Notifikasi dari Beberapa Aplikasi

1. Matikan Notifikasi dari Beberapa Aplikasi

Saat ini begitu banyak aplikasi media sosial yang dimiliki oleh pengguna gadget. Entah itu Instagram, Facebook, Twitter, dan lain-lain. Akan tetapi, banyaknya notifikasi dari beberapa medsos tersebut malah mengganggu dan bahkan enggak terlalu penting sama sekali. Namun karena penasaran kadangkala kamu ikut membukanya. Tanpa disadari, hal-hal semacam ini pun ikut menghabiskan waktumu dengan membaca isi dari notifikasi yang kurang penting tersebut.

Nah Ladies, agar kamu bisa memanfaatkan waktu dengan baik, alangkah lebih baiknya jika kamu mematikan beberapa notifikasi dari aplikasi yang dirasa kurang penting. Dengan begitu, penggunaan gadget yang berlebihan pun bisa diminimalisir.
 

2. Nonaktifkan Internet Sementara Waktu

2. Nonaktifkan Internet Sementara Waktu

Apalagi jika kamu sedang di kampus atau di kantor, hal ini memang sangat penting untuk kamu lakukan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menonaktifkan paket data untuk sementara waktuLagipula hal ini pun akan membuatmu lebih fokus dan enggak lalai dengan tugas atau pekerjaan yang sedang kamu lakukan, Ladies.
 

baca juga

3. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Candu

3. Hapus Aplikasi yang Menyebabkan Candu

Enggak bisa dipungkiri, media sosial saat ini memang membuat banyak orang menjadi candu dan bergantung pada gadget. Sebenarnya hal ini sangat mengerikan lho Ladies. Oleh karena itu, sangat tepat rasanya jika kamu menghapus beberapa aplikasi yang membuatmu menjadi candu. Dengan menghapus beberapa aplikasi tersebut akan membuat rasa penasaranmu terhadap dunia luar menjadi berkurang lho Ladies.
 

4. Simpan Gadget di Tas

4. Simpan Gadget di Tas

Saat bepergian dan berkumpul dengan suasana berbincang-bincang dengan keluarga atau teman, alangkah lebih baiknya jika kamu menjauhkan gadget dari genggamanmu Ladies. Kamu bisa menyimpannya di tas, agar suasana kebersamaan lebih terasa dan bermanfaat. Selain itu, hal ini juga akan membuatmu mulai terbiasa untuk enggak bergantung pada gadget lagi.

baca juga

5. Ganti Gadget dengan Buku

5. Ganti Gadget dengan Buku

Semakin maraknya penggunaan gadget, orang lebih memilih membaca apapun yang ada di gadget-nya daripada membaca buku. Hal itu pula yang membuat budaya membaca mulai banyak ditinggalkan.

Nah, salah satu tips untuk mengurangi kecanduaan gadget, kamu bisa meluangkan waktu yang ada untuk membaca, Ladies. Kamu juga bisa membawa buku atau novel kesukaanmu saat bepergian sembari menunggu angkutan umum. Tentu hal ini jauh lebih baik dan bermanfaat daripada kamu asik terus-terusan membuka gadget.
 

6. Matikan Gadget 1 Jam Sebelum Tidur

6. Matikan Gadget 1 Jam Sebelum Tidur

Pastinya kamu sering kan Ladies memainkan gadget sebelum tidur? Nah, sebenarnya inilah salah satu penyebab yang membuat banyak orang sulit tidur. Oleh karena itu mulai sekarang cobalah untuk mematikan gadget 30 menit atau 1 jam sebelum tidur. Dengan begitu, kecanduanmu terhadap penggunaan gadget akan berkurang dan waktu tidurmu pun ikut terjaga.
 

7. Ingat Dampak Buruk Penggunaan Gadget yang Berlebihan

7. Ingat Dampak Buruk Penggunaan Gadget yang Berlebihan

Selain beberapa tips diatas, kamu juga harus ingat Ladies bahwa penggunaan gadget yang berlebihan akan menimbulkan hal-hal yang negatif buatmu. Selain menimbulkan masalah sosial, hal ini juga bisa berdampak buruk bagi kesehatanmu seperti dapat merusak mata dan otak akibat radiasi smartphone.

Nah, salah satu cara agar kamu memiliki kehidupan yang sehat dari sekarang adalah dengan mengurangi penggunaan gadget yang berlebihan. Mulailah untuk menggunakan gadget pada hal-hal yang diperlukan saja dan hindari melihat sesuatu yang kurang penting dan yang enggak bermanfaat sama sekali, Ladies.