Ladies, tahu enggak sih usia 20-an itu jadi masa yang pas buat kamu mulai merawat kulit wajah. Usia ini tentu biasanya jadi usia paling produktif. Maka dari itu, dengan segudang kegiatan yang ada, kamu harus banget mulai merawat wajah. Semakin dini merawat wajah, maka semakin baik. Nah, kalau kamu lagi bingung produk skincare apa aja yang wajib kamu miliki saat usia 20-an, simak daftarnya di bawah ini. Catat baik-baik, ya!
 


 

1.Bersihkan wajah dengan teknik double cleansing

Mencuci wajah dengan sabun wajah setiap malam sebelum tidur memang wajib. Tapi, kalau kamu mulai sering menggunakan make-up, apalagi setiap hari, kamu harus mulai gunakan teknik double cleansing.
 
Pertama, hapus terlebih dahulu makeup dan kotoran yang menempel dengan micellar water. Setelah itu, kamu bisa lanjut gunakan milk cleanser, oil cleansing, atau balm cleansing.
 
Pilih sesuai jenis kulit kamu, ya. Sembari menggunakan tiga produk ini, pijat wajah perlahan agar makin maksimal. Nah, setelah itu baru gunakan sabun pencuci wajah favortimu, ladies!
 

1.Bersihkan wajah dengan teknik double cleansing


 

baca juga

2. Jangan skip gunakan toner

Meski nampak sepele, namun toner ternyata punya manfaat baik bagi wajah, lho. Setelah kamu mencuci muka, masih ada kemungkinan sisa make up masih menempel. Penggunaan toner dapat memaksimalkan pembersihan kulit wajah. Selain itu, sekarang udah banyak toner yang juga dilengkapi nutrisi baik untuk wajah. Pilih toner ringan dengan kandungan PH rendah ya.
 

2. Jangan skip gunakan toner


 

3. Gunakan exfoliator seminggu sekali

Cuci muka aja nggak cukup nih. Jika kamu ingin menghindari kulit kusam, kuncinya ada pada tahap eksfoliasi. Tahap ini bisa membuang penumpukan kulit mati yang akan membuat kulit nampak kusam. Kamu bisa menggunakan physical exfoliator seperti scrub atau chemical exfoliator seperti AHA BHA. Ingat ya, tahap ini hanya perlu kamu lakukan satu hingga dua minggu sekali. Nggak boleh lebih!
 

3. Gunakan exfoliator seminggu sekali


 

baca juga

4. Pilih moisturizer yang melembapkan

Setelah kulit wajah selesai dibersihkan menyeluruh, tentunya kulit butuh asupan nutrisi dan kelembapan agar nggak kering. Tahap ini juga jadi tahap yang sangat penting, lho. Meski nampak terlalu dini, kamu perlu lho memakai pelembap yang mengandung anti-aging sejak awal 20-an. Hal ini bisa menjaga kulit tetap segar dan dalam kondisi baik saat usiamu memasuki 30-an. Oh iya, selalu gunakan pelembap nggak lebih dari 3 menit setelah mencuci wajah agar menyerap dengan sempurna, ya.
 

4. Pilih moisturizer yang melembapkan


 

5.Pentingnya sunscreen enggak boleh dilewatkan

Semua skincare pagimu akan sia-sia kalau kamu skip penggunaan SPF, lho. Meski kadang diremehkan banyak orang, penggunaan rutin SPF setiap hari bakal mencegah tanda penuaan dini. Fungsi dari sunscreen ini sendiri yakni melindungi kulit wajah dari sinar matahari yang mampu membakar dan membuat kulit wajah kalian menimbulkan flek-flek hitam nantinya. Gunakan sunscreen minimal SPF 30 atau SPF 50 jika kamu sering melakukan kegiatan outdoor.  
 

5.Pentingnya sunscreen enggak boleh dilewatkan

Usia 20-an jadi usia penting buat tahap awal penggunaan skincare. Buat kamu yang belum mulai merawat wajah, yuk segera gunakan rangkaian skincare di atas!