1. Hindari Eksfoliasi yang Terlalu Keras

1. Hindari Eksfoliasi yang Terlalu Keras

Ladies, eksfoliasi memang dapat membantu membersihkan debu, kotoran, dan sel kulit mati di wajah. Tapi, jika kamu memiliki kulit yang sensitif, kamu nggak boleh sembarangan menggunakan produk eksfoliasi lho.
 
Jika kamu akan melakukan eksfoliasi, maka pilihlah produk facial scrub yang memang diformulasikan untuk kulit sensitif. Sebaiknya kamu jangan mudah tergiur dengan produk eksfoliasi yang tengah viral namun bahan-bahannya nggak cocok untuk kulit sensitif.
 

2. Pilih Facial Wash yang Lembut

2. Pilih Facial Wash yang Lembut

Pembersih wajah memang menjadi salah satu rangkaian skincare yang nggak boleh ditinggalkan. Seperti yang diketahui, manfaat menggunakan facial wash ialah membantu membersihkan kulit wajah dari debu, kotoran, sisa makeup, dan minyak berlebih.
 
Nah, jika kamu memiliki kulit wajah cenderung sensitif, carilah produk facial wash yang tanpa menggunakan tambahan pewangi, serta memiliki tekstur yang lembut ketika digunakan.
Selain itu, kamu juga nggak boleh terlalu sering mencuci muka ya, Ladies. Karena hal ini dapat menyebabkan kulit wajah menjadi kering dan iritasi.
 

baca juga

3. Selalu Menggunakan Pelembap

3. Selalu Menggunakan Pelembap

Untuk mengurangi iritasi pada kulit wajah, sebaiknya kamu selalu menggunakan pelembap ya. Jika kamu sering menggunakan pelembap, hal ini akan membantu menjaga kelembaban kulit wajah, selain itu juga bisa membantu mengurangi risiko iritasi dan memberikan perlindungan lapisan luar kulit wajah.
 
Plihlah pelembap yang bebas dari bahan-bahan yang memicu terjadinya iritasi pada kulit wajah, seperti pewarna dan pewangi pada produk pelembap. Sebagai tipsnya, kamu bisa menggunakan pelembap yang mengandung ceramides, dimana bahan ini bisa menggantikan lapisan minyak alami dan menguatkan lapisan pelindung kulit di wajah.
 

4. Menggunakan Sunscreen Khusus Kulit Sensitif

4. Menggunakan Sunscreen Khusus Kulit Sensitif

Selain produk eksfoliasi, facial wash, dan pelembap, kamu juga perlu banget menggunakan sunscreen yang memang diformulasikan untuk kulit sensitif atau mengandung bahan-bahan yang bebas dari pewangi dan pewarna.
 

baca juga

5. Hindari Produk yang Tidak Aman untuk Kulit Sensitif

5. Hindari Produk yang Tidak Aman untuk Kulit Sensitif

Kulit wajah yang sensitif memang gampang bereaksi berlebihan terhadap produk yang mengandung bahan-bahan yang nggak aman untuk kulit sensitif.
Nah, agar kulit wajah kamu nggak iritasi, sebaiknya jauhi produk yang mengandung bahan-bahan seperti parfum, pewarna, dan alkohol. Selain itu, kamu juga harus menjauhkan kulit wajah dari hal-hal lain yang bisa menyebabkan iritasi.