Bahannya

Bahannya
source: https://www.instagram.com/innerjilbabrazha/

Ladies, hal pertama yang perlu banget kamu pertimbangkan ketika memilih ciput atau inner jilbab ialah bahannya. Ketika kamu tepat memilih ciput dengan bahan yang adem, otomatis ini akan menghindarkan rasa panas yang berlebihan ketika memakai jilbab.

Nah, kamu bisa memilih ciput dengan bahan yang nyaman, seperti bahan spandek, rayon, dan rajut. Untuk bahan spandek atau bahan kaus yang memiliki kualitas tinggi, tipis, dan tidak ketat. Sehingga ketika menggunakannya, kamu akan merasa nyaman.
 
Lalu bahan rayon, ciput yang menggunakan bahan rayon ini biasanya memiliki daya serap yang tinggi, halus, lembut, dan nyaman ketika dipakai.
Sementara untuk ciput yang menggunakan bahan rajut biasanya akan mudah melar, sehingga ketika digunakan nggak akan terlalu ketat.
Ketiga bahan ini merupakan ciput yang sering banget dipakai oleh para hijabers lho.

Jenis-jenisnya

Jenis-jenisnya
source: https://www.instagram.com/innerjilbabrazha/

Setelah kamu mengetahui bahan-bahan ciput yang nyaman, hal selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan ialah jenis-jenisnya. Saat ini, jenis-jenis ciput sudah banyak beredar di pasaran, mulai dari jenis ciput ninja, ciput anti tembem (antem), ciput bandana, dan ciput anti sakit kepala.

Nah, untuk kamu yang baru saja memulai berhijab, sebaiknya memilih jenis ciput ninja karena bentuknya yang simple, lalu bahannya yang tipis dan nggak terlalu ketat. Atau kamu juga bisa memilih ciput jenis bandana yang lebih simple, sehingga akan nyaman dan nggak akan membuat kamu sakit kepala.
 

baca juga

Warnanya

Warnanya
source: https://www.instagram.com/innerjilbabrazha/

Untuk warna, sebaiknya pilih ciput yang memiliki warna-warna netral ya, Ladies. Kebanyakan para hijabers memilih warna hitam, namun untuk menunjang OOTD, kamu masih bisa lho memilih warna lain. Warna-warna ciput yang kalem, seperti dusty pink, grey, cream, broken white, dan warna kalem lainnya. Warna ciput ini harus kamu sesuaikan dengan warna jilbab atau outfit kamu agar lebih menarik ya.
 

Ukurannya

Ukurannya
source: https://www.instagram.com/innerjilbabrazha/

Selain baju, ukuran pada ciput juga nggak boleh kamu abaikan lho, Ladies. Ketika kamu salah memilih ukuran ciput, maka secara nggak langsung bisa merusak kenyamanan kamu.

Untuk ukuran, sebaiknya jangan memilih ciput yang terlalu ketat, supaya kamu nggak kesakitan. Ciput yang terlalu ketat selain bisa membuat kepala sakit, juga akan menimbulkan rasa gatal, kemudian bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

Sebaliknya, kamu juga nggak boleh memilih ciput yang terlalu longgar, Ladies. Ciput yang longgar bisa membuat rambut-rambut kamu keluar, sehingga penampilan kamu akan terlihat berantakan.