Pernikahan merupakan momen sakral dan suatu hal yang hanya dilakukan satu kali dalam hidup bagi setiap pasangan. Karena itu, pernikahan menjadi babak baru dalam kehidupan bagi setiap orang. Pernikahan memang akan menjadi momen yang paling istimewa dalam hidup bagi setiap pasangan. Semua orang pasti memiliki pernikahan impiannya sendiri, baik itu dengan sederhana hingga mewah dan glamor.
 
Tidak sedikit orang juga yang menginginkan konsep pernikahannya sesederhana mungkin, tetapi tetap berkesan untuk mereka dan tamu undangan. Salah satu alasan mereka tidak ingin menggelar acara pernikahan yang mewah, karena mereka ingin menghemat budget pernikahan. Nah, untuk mempersiapkan pesta pernikahan sederhana yang menghemat budget pun tidak semudah yang dibayangkan. Tapi kali ini, Beautynesia mau kasih tips jitu untuk kamu dan pasangan yang ingin menggelar pesta pernikahan sederhana dan berkesan.
 

Mengurus Pesta Pernikahan Sendiri

Mengurus Pesta Pernikahan Sendiri

Ini merupakan cara utama yang harus kamu dan pasangan lakukan untuk menghemat biaya. Yup, mengurus keperluan pernikahan sendiri tanpa menggunakan jasa wedding organizer (WO). Memang saat urusan pernikahan sudah dipegang oleh WO akan terlihat mudah. Tetapi untuk keseluruhan biaya bisa dipastikan akan membengkak. Karena itu, mengurus pernikahan sendiri bersama pasangan akan menghemat pengeluaran kamu.
 

baca juga

Minta Bantuan Teman

Minta Bantuan Teman

Kamu dan pasangan bisa lho untuk minta bantuan dari teman-teman dekat kamu untuk mempersiapkan pernikahan. Jika salah satu teman kamu ada yang jago dalam hal fotografi, kamu bisa minta bantuan mereka untuk memotret untuk sesi pre-wedding dan saat acar pernikahan. Kalau ada kerabat atau teman yang jago nyanyi dan main alat musik juga enggak ada salahnya minta mereka untuk tampil di pesta pernikahan kamu.  atau jika ada teman kamu yang jago membuat kerajinan dan dekor, kamu juga bisa ajak untuk membuat souvenir dan mendekor pernikahan kamu.
 

Menentukan Tempat

Menentukan Tempat

Segera tentukan tempat pernikahan yang kamu dan pasangan inginkan. Ingat ya, pilihlah tempat yang sesuai dengan kemampuan kamu dan pasangan! Jika memungkinkan, kamu juga bisa lho manfaatkan halaman rumah kamu untuk menggelar pesta pernikahan. Hal itu dapat mengurangi biaya sewa gedung.
 

baca juga

Limited Invitation Only

Limited Invitation Only

Agar lebih menghemat biaya, kamu bisa memilih tamu yang ingin kamu undang ke pesta pernikahan. Memang sih mengundang banyak tamu sangat menggoda dan menentukan suksesnya acara pernikahan kamu. Tapi kamu tetap harus memikirkannya, saat tamu yang diundang bertambah tentunya biaya yang kamu keluarkan pun juga bertambah. Selain itu, cara pernikahan kamu akan semakin spesial dan berkesan saat dihadiri oleh keluarga, sahabat dan orang-orang terdekat.
 

Dekorasi Minimalis

Dekorasi Minimalis

Kamu dan pasangan bisa mendekor tempat pernikahan kamu sesederhana mungkin dengan dekorasi yang minimalis tetapi elegan. Seperti pilihlah satu atau maksimal dua warna untuk digunakan sebagai tema besarnya, misal warna putih, rose gold atau warna netral lainnya. Kamu juga bisa gunakan dekorasi bunga palsu, jika ingin lebih berhemat.