Masakan ayam balado memang pas banget dengan selera kebanyakan orang Indonesia yang doyan pedas. Rasa dan aroma rempah serta sambal yang berpadu semakin membuat makanan ini jadi favorit semua orang. Daripada semakin ngiler, simak yuk cara membuat masakan ayam balado berikut ini, Ladies. 


 

Bahan-bahan Untuk Membuat Ayam Balado


Bahan-bahan Untuk Membuat Ayam Balado
source: http://lajibsfoods.com

Untuk membuat ayam balado, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan. Selain bahan utama, kamu juga perlu menyiapkan bumbu yang telah ditumbuk kasar ya, Ladies.

Bahan Utama
- 1 Ekor ayam kampung
- Kunyit 1 ruas jari, haluskan
- 2 Buah bawang putih, haluskan
- 1 Buah bawang bombai, cincang
- 6 Butir bawang merah, iris
- 5 Lembar daun jeruk
- 3 Sendok makan (sdm) air asam Jawa
- Garam dan gula secukupnya

Bumbu Ditumbuk Kasar
- 3 Buah cabai merah besar
- Cabai kering dan rawit (1 genggam)
 

baca juga

Cara Membuat Ayam Balado


Cara Membuat Ayam Balado
source: https://doyanresep.com

Setelah semua bahan siap, sekarang saatnya kamu membuat makanan ini, Ladies. Pertama, potong ayam sesuai selera, mnamun sebaiknya jagan terlalu besar agar lebih cepat matang. Bumbui ayam dengan kunyit dan bawang putih serta sedikit garam. Diamkan 15 menit kemudian goreng.

Setelah itu, tumis bawang bombai dan bawang merah hingga layu. Masukkan cabai tumbuk dan daun jeruk, kemudian aduk rata. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Masukkan air asam jawa dan masak sampai bumbu agak kering. Masukkan ayam goreng, aduk rata.

Setelah tanak, sajikan ayam balado di atas piring. Makanan ini pas banget kamu jadikan menu makan siang bersama orang-orang tersayang. Selamat mencoba, Ladies!