Suasana tidur yang tidak mendukung

Suasana tidur yang tidak mendukung
source: https://www.runtastic.com/

Penyebab lemas saat bangun tidur yang pertama adalah suasana tidur yang tidak baik, Ladies
Suasana tidur yang tidak baik dapat memberikan dampak besar terhadap kualitas tidurmu. Suasana yang dimaksud bisa berupa kualitas kasur. Merasa lemas saat bangun tidur bisa disebabkan oleh kualitas kasur yang buruk atau kasur terlalu lunak.

Selain kualitas kasur, kondisi suhu ruangan juga penting diperhatikan. Kamar yang terlalu panas atau dingin bisa menyebabkan kamu lemas saat bangun tidur karena kamu bisa jadi sulit tidur. Agar tidur lebih nyenyak, tempat tidur yang dingin lebih disarankan. Agar lebih nyaman, kamu bisa coba tidur tidur memakai kaus kaki. Fungsi memakai kaus kaki adalah membantu melebarkan pembuluh darah dan mengatur temperatur internal, Ladies.

Cahaya biru

Cahaya biru
source: https://pixabay.com/

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui Ladies, cahaya biru adalah cahaya buatan yang memancarkan gelombang biru yang umumnya ditemukan dari layar gadget. Sebenarnya cahaya biru bukan hal buruk, tapi dapat meningkatkan kewaspadaan sebelum kamu tidur.

Di dalam tubuh ada sebuah hormon yang membantu mengatur ritme sirkadian tubuh Ladies, namanya adalah melatonin. Masalahnya, cahaya biru dapat menekan melatonin sehingga membuatmu sulit tertidur nyenyak. Jika kamu sulit tidur nyenyak, tentunya kamu akan merasakan lemas saat bangun tidur.

Cara mengatasinya adalah kamu perlu menghindari penggunaan gadget dua hingga tiga jam sebelum tidur. Jika perlu, kamu bisa menggunakan lampu remang berwarna oranye atau kuning. Lampu tesebut baik digunakan karena enggak punya efek penekan melatonin, Ladies.

baca juga

Makanan dan minuman yang dikonsumsi

Makanan dan minuman yang dikonsumsi
source: https://www.forbes.com/

Jika kamu sering merasa lemas saat bangun tidur, ada baiknya Samu perhatikan apa yang kamu konsumsi sebelum tidur, Ladies. Konsumsi kopi misalnya, dapat membuatmu sulit tidur karena kandungan kafein di dalamnya. Untuk mengatasi kelelahan saat bangun tidur karena alasan ini, sebaiknya kamu menghindari atau setidaknya membatasi konsumsi kafein sebelum tidur.

Selain kopi, kamu juga perlu mengurangi konsumsi air karena tidurmu bisa jadi kurang nyenyak jika kamu sering terbangun di tengah malam untuk buang air kecil. Hindari meminum terlalu banyak air sebelum tidur agar tidurmu lebih nyanyak ya, Ladies

Sleep inertia

Sleep inertia
source: https://www.verywellhealth.com/

Sleep inertia adalah penyebab terbesar di balik rasa lemas yang kamu alami saat bangun pagi hari, Ladies. Hal ini cukup normal karena umumnya otak tidak langsung bangun setelah tidur. Otak perlu bertransisi secara bertahap dan dalam periode transisi ini kamu mungkin merasa lemas dan tidak fokus.

Cara mengatasi sleep nertia sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit, Ladies, Kamu bisa mengatasinya dengan cara tidur yang cukup dengan rutin dan tidur siang tidak lebih dari 30 menit. Bila kamu merasa gejala sleep nertia sudah kamu rasakan berlebihan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter ya, Ladies.