1. Mineral Botanica

1. Mineral Botanica
source: https://www.instagram.com/mineralbotanica/

Siapa sih yang nggak kenal dengan salah satu brand lokal yang mendapat panggilan ‘Mica’ dari beauty enthusiast ini? Ya, Mineral Botanica memang menjadi pilihan utama bagi wanita Indonesia untuk mengatasi segala permasalahan kulit di wajah. Brand lokal yang head office-nya berada di Jakarta, tapi dikembangkan di Los Angeles ini nggak boleh kamu abaikan, Ladies.
 
Selain makeup yang kerap mendapat pujian dari para beauty enthusiast, Mineral Botanica ternyata juga memiliki produk skincare yang nggak kalah keren karena terbukti ramah lingkungan lho. Mineral Botanica memilih menggunakan bahan dasar yang sesuai dengan nama brand-nya, Mineral Botanica memanfaatkan kandungan alami pada tanaman sebagai bahan dasar pembuatan produk skincare mereka. Jadi, semua produk skincare dari Mineral Botanica ini aman banget untuk semua jenis kulit wajah, Ladies.
 
Pada salah satu produk skincare Mineral Botanica mengandung olus oil (setara dengan vegetable oil), jojoba oil, adansonia digitata extract, argansia spinosa kernel oil, glyrrhiza glabra root extract, vitis vinifera oil, dan paraben free. Kandungan-kandungan alami ini terdapat pada produk brightening series yang memiliki packaging sederhana namun tetap berkelas. Dikemas dalam jar plastik yang tebal, dilengkapi dengan dua tutup yang sudah pasti kemanan dan kebersihannya terjamin membuat brightening series dari Mineral Botanica ini worth it banget untuk kamu coba, Ladies.
 

2. Haple

2. Haple
source: https://www.instagram.com/haple.id/

Sudah terdaftar di BPOM dan bebas dari unsur hewani, produk skincare dari Haple juga perlu kamu cobain, Ladies. Produk skincare lokal yang ramah lingkungan ini juga disesuaikan dengan jenis kulit wanita Indonesia, lho.
 
Nah, jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang berminyak dan sensitif, salah satu produk dari Haple yang wajib kamu coba adalah Grapeseed oil. Produk dari Hiple ini merupakan jenis face oil yang memang dirancang untuk jenis kulit wajah berminyak, cenderung berjerawat, dan sensitif.
 
Sesuai namanya, produk face oil ini terbuat dari grapeseed atau biji anggur yang berkhasiat untuk membersihkan komedo, mengecilkan pori-pori, dan membasmi jerawat yang membandel. Selain itu, adanya minyak biji anggur ini juga bisa membantu mengontrol kadar sebum di wajah kamu, Ladies.
 

baca juga

3. Utama Spice

3. Utama Spice
source: https://www.instagram.com/utamaspice/

Sudah berdiri sejak tahun 1989 dan terkenal karena menggunakan 100% bahan alami, Utama Spice menjadi salah satu produk skincare lokal ramah lingkungan yang bisa kamu coba, Ladies.
Produk yang paling populer dari brand lokal asal Ubud, Bali ini adalah acne series.
 
Pada acne series ini terdapat 3 produk, yaitu Acne Day Serum, Acne Night Serum, dan Acne Treatment Oil. Ketiga produk andalan Utama Spice ini menggunakan 100% bahan-bahan alami yang meliputi berbagai carrier oil yang bersifat untuk melembutkan kulit wajah. Menariknya lagi, produk lokal yang satu ini juga mengkombinasikan essential oil yang terbukti ampuh melawan bakteri penyebab jerawat.
Produk yang terkenal dengan packaging box bermotif daun berwarna hijau putih ini banyak diminati turis mancanegara lho.
 

4. Isha Naturals

4. Isha Naturals
source: https://www.instagram.com/ishanaturals/

Sepertinya, Bali memang menjadi pusatnya brand lokal yang ramah lingkungan ya, Ladies. Salah satu brand lokal yang memproduksi skincare ramah lingkungan adalah Isha Naturals. Dimana produk brand lokal ini terbuat dari bahan-bahan yang vegan friendly lho. Selain itu, produk dari Isha Naturals ini juga dilengkapi dengan wewangian sebagai aromaterapi ketika kamu gunakan, Ladies. Produk andalan dari Isha Naturals yang bisa kamu coba ialah essential oils, soap bar, dan castile soap.
 

baca juga

5. Sensatia Botanicals

5. Sensatia Botanicals
source: https://www.instagram.com/sensatiabotanicals/

Ladies, nggak hanya kulit wajah sensitif yang harus mewajibkan kamu menggunakan produk ramah lingkungan. Bagaimana pun semua jenis kulit memang sudah sepatutnya menggunakan produk skincare yang ramah lingkungan agar aman.
 
Nah, jika kamu memiliki jenis kulit wajah yang kering, kamu wajib banget cobain rangkaian produk skincare dari Sensatia Botanicals. Rangkaian produk skincare tersebut adalah Neroli Blossom Facial Toner, Original Soapless Facial Cleanser, dan  Neroli Blossom Facial C-Serum. Ketiga produk skincare ini terbuat dari bahan alami, cueltry free, ramah lingkungan, dan tanpa alkohol.