Turunnya salju yang disebabkan oleh perubahan cuaca ekstrem ini, terjadi tepat di wilayah Tabuk yang mengalami hal fenomenal tak biasa ini. Suhu panas yang biasanya terjadi di wilayah ini pun berubah menjadi suhu dingin yang membuat para warganya kedinginan sampai gigi bergeremutuk. Wilayah ini biasanya memiliki pemandangan berupa gurun pasir, namun berubah menjadi gurun yang dipenuhi oleh salju.
 
Heboh! Salju Menghujani Beberapa Area di Arab Saudi

Turunnya salju di Arab Saudi ternyata tidak hanya menghujani wilayah Tabuk, wilayah yang berbatasan dengan negara Yordania ini. Rupanya sejak Jumat (10/01) minggu lalu, bagian barat laut Arab Saudi termasuk Pegunungan Dahr juga telah dihujani oleh Salju. Media Timur Tengah, Arab News pun melaporkan bahwa suhu di area Pegunungan Dahr dan beberapa daerah lainnya sempat mencapai minus 0 derajat celcius.
 
Selain wilayah Tabuk dan Pegunungan Dahr, media Arab News pada Rabu (15/01) juga melaporkan beberapa wilayah yang dihujani oleh salju. Wilayah tersebut ada Jabal Al Lawz, Al-Daher dan Pegunungan Alqan yang dimana wilayah bersalju di Saudi merupakan destinasi wisata populer.

baca juga
Heboh! Salju Menghujani Beberapa Area di Arab Saudi

Negara Arab Saudi sendiri dikenal sebagai negeri gurun padang pasir, namun di wilayah pegunungan barat daya negara ini juga kerap mengalami musim salju. Fenomenal turunnya salju di beberapa wilayah Arab Saudi ini rupanya bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya, fenomenal ini juga pernah terjadi di Arab Saudi tepatnya pada akhir tahun 2016 lalu.
 
Turunnya salju di Arab Saudi yang terjadi pada November 2016 lalu dikarenakan perubahan cuaca yag ekstrem juga. Hal ini juga menyebabkan beberapa bagian gurun Arab Saudi mengalami suhu di bawah nol derajat. Selain turun salju, perubahan suhu ini juga menyebabkan banjir di beberapa wilayah.
 

Heboh! Salju Menghujani Beberapa Area di Arab Saudi

Pertama kali dilaporkan bahwa salju menghujani bagian utara Arab Saudi pada 23 November 2016. Pada 25 November 2016 lalu, suhu di kawasan Turaif wilayah perbatasan utara mencapai -4 derajat celcius yang juga terdapat lapisan salju di wilayah tengah dan timur laut. Dimana pada Januari 2016 lalu, pertama kalinya Makkah dan Madinah dihujani salju untuk pertama kalinya setelah 85 tahun.
 
Jadi perubahan cuaca ekstrem di tahun 2020 ini yang menyebabkan salju, bukanlah hal baru bagi masyarakat di kawasan Arab Saudi. Selain dihujani salju, di area timur Arab Saudi juga mengalami perubahan cuaca ekstrem yang ditandai hujan deras. Dilaporkan juga perubahan cuaca ekstrem ini juga menyebabkan banjir di beberapa area seperti Abu Dhabi, Dubai dan Sharjah.