Apakah Hewan Mengalami Depresi?

Apakah Hewan Mengalami Depresi?

Gejala depresi merupakan masalah subjektif yang kerap dialami oleh manusia. Gejala depresi biasa ditandai dengan keadaan bersalah, pikiran akan kehilangan, ketidak bahagiaan dan lain sebagainya.

Karena hewan tidak dapat berkomunikasi begitu sebaliknya manusia juga tak banyak mengetahui kendala apa yang sedang dirasakan oleh hewan peliharaan hal ini menjadi tanda tanya bagi kita. Mungkin kita akan berpikir hewan tersebut sedang sakit atau malas makan, padahal hewan juga memiliki perasaan sama halnya seperti manusia, begitu pula dengan depresi.
 

Tanda-tanda Hewan Peliharaan Alami Depresi

Tanda-tanda Hewan Peliharaan Alami Depresi

Terdapat beberapa aspek tertentu yang bisa dilihat jika hewan peliharaan mengalami depresi, diantaranya adalah Anhedonia yakni sebuah keadaan penurunan dan kehilangan minat dalam kegiatan yang menyenangkan. 

Tanda-tanda yang bisa dilihat diantaranya penurunan terhadap nafsu makan, kurangnya  rasa antusiasme terhadap sesuatu, hal ini bisa terjadi jika ketertarikan akan aktivitas yang menyenangkan mengubah perasaannya seperti jika kamu sering membawa anjing peliharaanmu berjalan-jalan seperti biasa, namun kini ia berubah seakan tak bereaksi sedikitpun bisa jadi ia sedang mengalami depresi.

 

baca juga
Tanda-tanda Hewan Peliharaan Alami Depresi

Jika kucingmu senang menyambut kedatanganmu setibanya dirumah, namun kini berubah tak bergairah sedikitpun hal demikian juga bisa tunjukan bahwa ia sedang alami depresi. Tanda lain yang dimunculkan dari hewan peliharaan ketika mengalami depresi ialah perubahan emosional yang begitu agresif, tanda agresif merupakan salah satu ciri bahwa hewan peliharaan mengalami depresi yang tak seimbang dengan keadaan emosionalnya, jika hewan peliharaan mu dulunya sangat ramah dan tenang kepadamu bahkan orang lain, namun berubah menjadi agresif bahkan brutal ia mungkin sedang alami depresi.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?

Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?





 


 
 

baca juga
Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?

1.Kunjungi Dokter Hewan



Kamu memiliki perasaan yang kuat bahwa hewan peliharaan kesayanganmu mengalami siklus perubahan yang jauh berbeda dari biasanya, sebaiknya kamu bisa konsultasikan hal tersebut pada dokter hewan, untuk mengetahui kebenaran medis terkait hal tersebut. Jika benar demikian maka dokter hewan pun akan memberikan opsi perawatan dan konsultasi yang bermanfaat tanpa dirimu menduga-duga.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?

2. Berikan Perhatian dan Kasih Sayang Ekstra



Hewan tentunya juga memiliki hati dan perasaan, sama halnya seperti manusia, mereka mempercayaimu dan sangat menyayangimu melebihi kasih sayang dirinya kepada mu. Mereka yang telah dirawat sejak kecil pasti juga merasakan kontak batin dan merasa ada untuk dicintai. Mereka menganggap dirimu sebagai bagian dari dirinya. Jika hari-harimu dipenuhi padatnya berbagai aktivitas, sebaiknya luangkan sedikit waktu untuk hewan peliharaanmu, ajak mereka bermain, berjalan-jalan, dan peluk mereka dengan hangat, percayalah mereka merasa sepi ketika berada jauh darimu.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?

3. Batasi Kesepian Mereka



Jika hewan peliharaanmu merasa kesepian ketika saudaranya pergi, kamu juga bisa memberikan sahabat bermain baru untuknya, bisa saja kamu mengadopsi hewan peliharaan baru untuk menemaninya, atau memberikan nya sebuah hadiah khusus yang akan meningkatkan gairah dan semangatnya untuk bermain. Namun, hal-hal tersebut tak dapat berlaku baginya bisa saja luangkan sedikit waktumu untuk dirinya agar lebih bermakna.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?

4. Ubah Jenis Makanan



Jika hewan peliharaanmu kehilangan minat pada makanan biasanya, kamu juga dapat mengubah suguhan makanan berbeda, misalkan kamu sering memberikannya dry food ubahlah dengan memberinya telur, buah atau sayur-sayuran yang mungkin akan memberikan minat baru untuknya.
 

Bagaimana Cara Mengatasi Hewan Peliharaan yang Depresi?

5. Pertimbangkan Obat Anti Depresi



Hal ini tidak harus dianjurkan jika hewan peliharaanmu sudah mendapatkan konsultasi langsung oleh dokter hewan khusus. Jika bermingu-minggu hingga berbulan-bulan hewan peliharan mengalami depresi berat sebaiknya dipertimbangkan untuk dilakukan penanganan khusus sesuai dengan ahli nya. Jangan langsung memberinya obat-obat bius jika hewan peliharaanmu semakin agresif, konsultasikan terlebih dahulu jika memang obat-obatan anti depresi itu perlu. Hal yang paling utama ialah cintai mereka dengan tulus dan jangan semakin sakiti mereka.