Gejala Lyme Disease

Gejala Lyme Disease

Lyme disease akan menyebabkan beberapa gejala yang muncul secara bertahap. Di bawah ini merupakan pembagian gejala lyme disease berdasarkan tingkatan stadium yang perlu kamu ketahui.
 

1. Stadium 1

1. Stadium 1

Lyme disease pada stadium 1 ditandai dengan munculnya ruam seperti kemerahan di sekitar kulit yang terkena gigitan kutu. Dimana ruam inilah sebagai tanda awal bahwa bakteri sudah berkembang biak di dalam pembuluh darah. Ruam ini disebut dengan erythema migrans, biasanya ruam ini muncul sekitar 1-2 minggu setelah digigit kutu.
 

baca juga

2. Stadium 2

2. Stadium 2

Lyme disease merupakan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang bernama borrelia. Nah, pada stadium 2 inilah bakteri borrelia sudah menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini bisa kamu tandai dengan gejala-gejala yang hampir sama dengan flu, seperti demam, menggigil, sakit kepala, sakit tenggorokan, hingga pembesaran kelenjar getah bening.
 

3. Stadium 3

3. Stadium 3

Nah, pada stadium ini penderita lyme disease nggak sadar hingga telat memberikan pengobatan. Stadium 3 bisa terjadi setelah beberapa bulan atau bahkan tahun setelah digigit kutu. Jika lyme disease sudah memasuki stadium 3, maka gejala-gejala yang dirasakan seperti mati rasa pada tungkai dan lengan, sakit kepala yang berlebihan, gangguan ingatan jangka pendek, sulit berkonsentrasi, sulit diajak untuk berkomunikasi, hingga gejala yang paling berbahaya adalah gangguan mental.
 

baca juga

Pengobatan Lyme Disease yang Bisa Dilakukan

Pengobatan Lyme Disease yang Bisa Dilakukan

Dalam pengobatan ini, antibiotik memang diwajibkan untuk dikonsumsi dalam jangka waktu tiga minggu hingga satu bulan tergantung tingkatan stadium lyme disease yang dialami. Antibiotik yang digunakan seperti tetracycline, penisilin, makrolid, dan sefalosporin. Nah, di bawah ini ada dua jenis antibiotik yang akan diberikan dokter kepada para penderita lyme disease.
 

1. Antibiotik Tablet

1. Antibiotik Tablet

Untuk penderita lyme disease stadium awal biasanya akan diberikan antibiotik dalam bentuk tablet. Pada proses pengobatan lyme disease stadium awal ini biasanya akan berlangsung selama 14-21 hari.
 

2. Antibiotik Suntik

2. Antibiotik Suntik

Nah, untuk penderita lyme disease stadium lanjut akan diberikan antibiotik suntik. Apalagi jika lyme disease sudah membuat penderitanya mengalami gangguan sistem saraf pusat. Untuk pengobatan lyme disease stadium lanjutan menggunakan antibiotik suntik ini akan berlangsung selama 14-28 hari.