Semua orang tentunya mengharapkan hubungan asmara yang harmonis dan sehat. Namun, dalam setiap hubungan, tak selalu diwarnai suka, tapi juga konflik. Bahkan tak jarang mengalami kekerasan fisik hingga terlibat dalam hubungan beracun. Sayangnya, banyak pasangan yang enggan mengakhiri meski sadar hubungan itu tidak sehat. Alasannya, terlalu cinta.

Hal ini juga dialami oleh Kesjha Ratuliu. Kesha membeberkan bahwa dirinya pernah dipukul dan diludahi oleh mantan kekasihnya. Sang mantan pacar juga pernah menginjak lehernya ketika bertengkar. 

Selain kekerasan fisik, ia juga pernah mengalami kekerasan verbal. Ia pernah disebut sebagai perempuan murahan karena pergi dengan teman laki-lakinya. Padahal, kata Kesha, mereka sudah putus ketika itu. Nah, berikut ini tips terhindar dari hubungan asmara beracun seperti yang dialami Kesha Ratuliu.

Tips Terhindar Hubungan Asmara 'Beracun' Seperti yang Dialami Kesha Ratuliu
source: https://www.instagram.com/kesharatuliu05/

Jomblo Bukan Akhir


Jomblo Bukan Akhir

Tak sedikit orang yang terpaksa menjalani hubungan tak sehat lantaran khawatir menyandang status jomblo atau pesimis mendapat pasangan yang lebih baik. Mereka enggan mengakhiri karena takut memulai hubungan yang baru. Percayalah menjadi jomblo bukan akhir dari segalanya. Untuk apa punya pasangan jika kamu justru tidak bahagia. Karena itu, sendiri tak selalu buruk dan tak bahagia. 

baca juga

Sesuai Kriteria


Sesuai Kriteria

Sebelum memulai hubungan, tentu kamu memiliki kriteria pasangan yang diinginkan, salah satunya karakter. Kamu pastinya mengharapkan karakter yang baik, seperti pengertian, sabar, dan penyayang. Nah, jika karakter baik ini tidak kamu temukan, itu artinya dia bukan pasangan yang kamu dambakan. 

Jangan Memaklumi


Jangan Memaklumi

Ketika pasangan melakukan kesalahan sekali, kita biasanya memaklumi dan memaafkan. Namun, jika kesalahan itu terus berulang, apalagi di luar kewajaran, berhenti memaklumi hal tersebut. Sebab, kamu akan terjebak dalam hubungan beracun. Menerima permintaan maaf dan memberikan kesempatan kedua tidak  menjaminan hubungan kamu bakal lebih baik. 

baca juga

Sadari dan Akui


Sadari dan Akui

Kesulitan terhindar dari hubungan yang tak sehat adalah kamu enggan mengakui dan menyadari bahwa dirimu berada dalam hubungan beracun. Misalnya, kamu kerap mengalami stres atau sakit akibat hubungan asmara yang kamu jalani.

Jika iya, terima dan akui jika kamu berada dalam hubungan tak sehat. Menutupi atau berusaha mempertahankan hubunganmu, tak akan membuat keadaan serta hubungan kamu bahagia. Kebahagiaan kamu di masa depan ditentukan oleh tindakanmu saat ini.

Curhat ke Sahabat


Curhat ke Sahabat

Berusaha menutupi masalah yang kamu hadapi justru akan membuat kamu semakin stres. Jika kamu merasa tak mampu menahannya sendiri, ceritakan kondisi hubungannu ke orang lain yang kamu percaya, seperti sahabat. Dengan cara ini, kamu dapat mengetahui sudut pandang lain tentang hubunganmu. Bahkan mereka bisa membantu kamu menemukan solusi. 

Jangan Bersikeras Mengubah


Jangan Bersikeras Mengubah

Kesha Ratuliu mengaku dirinya terpaksa bertahan dalam toxic relationship tak lain karena terlalu cinta. Mengakhiri hubungan yang tak sehat memang bukan hal mudah, terlebih jika hubungan itu sudah berjalan cukup lama. 

Selain cinta, banyak orang yang berusaha bertahan dengan alasan pasangan dapat berubah dan kamu bisa membantunya berubah. Perlu diketahui, tugas kamu bukan mengubah sifat dan karakter seseorang, apalagi hal itu tak gampang. Perubahan perilaku terjadi atas usaha dan niat sungguh-sungguh dari diri sendiri.