1. Sering Keramas

1. Sering Keramas

Ladies, membersihkan rambut merupakan ritual wajib yang nggak boleh dilupakan demi kebersihan rambut. Tapi, terlalu sering keramas ternyata juga nggak baik bagi kesehatan lho. Jika kamu sering melakukan keramas, maka minyak alami yang ada di kulit kepala kamu akan berkurang hingga membuat kulit kepala dan rambut menjadi rusak. Oleh karena itu, mulai sekarang jangan sering keramas ya, Ladies.
 

2. Sering Cuci Muka

2. Sering Cuci Muka

Nah, untuk kebiasaan yang satu ini pastinya sering banget dilakukan para wanita. Mencuci muka memang bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran di wajah. Tapi, sadar atau nggak, kebiasaan sering mencuci muka ternyata nggak baik lho, ditambah kamu mencucinya menggunakan sabun.

Jika kamu terlalu sering mencuci muka, maka kulit wajah kamu akan menjadi kering karena kekurangan minyak dan menyebabkan munculnya jerawat.
 

baca juga

3. Memakan Makanan yang Sudah Jatuh

3. Memakan Makanan yang Sudah Jatuh

Apakah kamu penganut hukum "belum 5 menit" ketika makanan atau camilan terjatuh? Untuk kebiasaan yang satu ini wajib banget kamu stop ya, Ladies.

Bagaimana pun makanan yang sudah jatuh tanpa harus menunggu 5 menit sudah dikerumunin kuman dan bakteri lho. Dalam hitungan detik, ketika makanan atau camilan kamu terjatuh, kuman dan bakteri sudah menempel dan akan membahayakan kesehatan kamu. Demi kesehatan, mulai dari sekarang tinggalkan kebiasaan yang satu ini ya, Ladies.
 

4. Memegang Gagang Pintu Toilet

4. Memegang Gagang Pintu Toilet

Toilet merupakan tempat yang rentan terjadinya pertukaran kuman, Ladies, khususnya toilet umum. Gagang pintu toilet umum merupakan salah satu tempat terjadinya perpindahan kuman, untuk menghilangkan kuman di telapak tangan, kamu wajib banget mencuci tangan dengan benar dan menggunakan hand wash atau produk antiseptic yang dijual bebas.
 

baca juga

5. Mencuci Tangan dengan Cara yang Salah

5. Mencuci Tangan dengan Cara yang Salah

Ternyata mencuci tangan nggak boleh sembarangan lho, Ladies. Meskipun kamu rajin mencuci tangan, namun bukan berarti kuman-kuman di telapak tangan kamu sepenuhnya hilang. Meskipun sepele, namun ada baiknya kamu mencuci tangan dengan cara yang benar, mulai dari palm to palm, between fingers, back of hands, base of thumbs, back of fingers, hingga rinse and wipe dry, ya.
 

6. Menggunakan Gunting Kuku Bekas

6. Menggunakan Gunting Kuku Bekas

Nggak semua wanita nyaman dengan kondisi kuku yang panjang demi alasan kesehatan. Namun sebelum memotong kuku, pastikan jangan menggunakan gunting kuku yang baru saja dipakai ya, Ladies.
 
Ketika memotong kuku, apalagi kuku dalam keadaan kotor, maka bakteri dan kuman akan berpindah ke gunting kuku. Dimana bakteri dan kuman ini membutuhkan waktu yang lama untuk mati. Jika kamu menggunakan gunting kuku yang baru selesai digunakan oleh teman atau saudara kamu, maka bakteri dan kuman inilah yang akan berpindah ke jari kamu.
Untuk menghindari hal ini, kamu bisa membawa gunting kuku pribadi, ya.