Jam 08.00

Pada pagi hari sebenarnya kamu akan membutuhkan asupan karbohidrat yang cukup lho, ladies. Asupan karbohidrat tersebut dibutuhkan otak untuk berpikir dan tetap fokus hingga siang hari. Jadi sebenarnya ketika kamu hanya mengonsumsi segelas teh atau pisang dan yoghurt, hal itu masih enggak cukup. 

Dilansir dari Detik Health, menurut Alexandra Caspero, RD, ahli gizi dari Amerika Serikat bahwa sarapan roti gandum dengan isi telur cukup untuk memenuhi kebutuhan energi sampai waktunya makan siang. Terlebih karena gandum merupakan karbohidrat kompleks, maka sarapan ini akan membuat perut tidak cepat lapar dan menghindari kamu makan berlebihan nantinya. 

Jam 08.00
source: https://unsplash.com/


 

Jam 10.00

Menjelang tengah hari ketika otak mulai kekurangan energi, banyak orang berpikir untuk mengonsumsi kopi. Apalagi saat ini di luar sana sedang tren kopi-kopi susu kekinian yang menggoda banget untuk dibeli kan, ladies? Padahal kebiasaan mengonsumsi kopi di jam-jam ini bisa membuatmu kelebihan kafein.

Kelebihan kafein tersebut akan berisiko menyebabkan peningkatan kadar gula darah secara drastis, lalu turun secara tiba-tiba sehingga rasanya menjadi cepat lapar. Menghindari hal tersebut, sebaiknya kamu membatasi konsumsi kafein agar enggak berlebihan ya, ladies. cukup antara 1 atau 2 cangkir kopi saja.

Jam 10.00
source: https://unsplash.com/


 

baca juga

Jam 12.30

Jam 12.30 biasanya merupakan jam makan siang. Pada jam-jam ini biasanya perut sudah keroncongan dan ingin cepat-cepat makan. Otak pun menjadi tidak mampu berpikir panjang bahkan sekedar untuk memilih menu makanan yang sehat. Hal ini membuat kamu mencari makanan yang sesegera mungkin bisa memuaskan rasa lapar, meski ternyata membuat perut cepat lapar lagi. Sering juga kamu menjadi 'lapar mata' dengan membeli banyak makanan yang menarik matamu.

Untuk menghindari hal ini kamu bisa membawa bekal dari rumah, apalagi untukmu yang sedang diet. Siapkan makanan pada pagi hari ketika otak masih bisa berpikir jernih untuk memilih nutrisi dan jenis karbohidrat yang sehat ya, ladies.

Jam 12.30
source: https://unsplash.com


 

Jam 15.30

Berpikir dari pagi hingga sore tentu membuat otak kelelahan dan perut keroncongan. Enggak heran kalau jam-jam sore seperti ini adalah musuh utama banyak orang, termasuk kamu yang sedang menjalani diet. Beberapa orang menyiasatinya dengan cemilan, namun tidak semuanya sehat karena kebanyakan hanya mengandung gula ataupun makanan berlemak yang efeknya dalam mengganjal rasa lapar tidak bertahan lama. Makanan ringan dengan kandungan protein yang tinggi lebih cocok untuk dikonsumsi pada saat-saat tanggung seperti ini.

Jam 15.30
source: https://images.unsplash.com/


 

baca juga

Jam 20.00

Banyak yang mengatakan kalau makan di malam hari bisa bikin gemuk. Hal itu memang enggak sepenuhnya salah lho, ladies. Kebiasaan buruk yang dilakukan banyak orang di malam hari adalah ngemil sambil nonton TV atau nonton film di laptop. Kalau tidak ingin cepat gemuk, hentikan kebiasaan ngemil ini ya, ladies. 

Selain itu, jangan berlama-lama berada di depan TV atau laptop. Sekiranya sudah bosan, segeralah beranjak ke tempat tidur karena menurut penelitian, waktu istirahat yang cukup bisa mengurangi kecenderungan makan berlebihan. Hal ini juga akan mengurangi resiko begadang.

Jam 20.00
source: https://unsplash.com


Itu lah jam-jam yang bisa gampang bikin kamu gemuk. Kalau kamu sedang diet, sebaiknya dihindari ya. Namun, kalau kamu ingin menambah berat badan, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat pada jam-jam tersebut.