Penyakit flu dan batuk yang menyerang kamu biasanya akan menyebabkan perubahan dalam suara kamu. Biasanya hal ini membuat suara kamu menjadi serak atau bahkan sampai menghilang. Suara yang menghilang tentunya akan mengganggu kamu saat berkomunikasi dengan orang lain. Apalagi jika kamu memiliki jadwal pertemuan yang sangat penting dan mengharuskan kamu untuk bicara banyak.

Tapi jangan salah diartikan suara yang hilang kamu jadi tidak mampu bicara sama sekali ya, suara hilang yang dmaksudkan hanyalah suara yang keluar cenderung serak bahkan hampir tidak terdengar. Berikut cara mengatasi suara hilang yang disebabkan flu dan batuk?

Pastikan untuk Terus Konsumsi Air Putih

Pastikan untuk Terus Konsumsi Air Putih

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu langkah untuk mengobati suara kamu yang hilang. Lebih baik kamu menghindari minuman yang menyebabkan dehidrasi pada tenggorokan kamu. Karena itu, kamu diharuskan untuk terus konsumsi banyak air putih dan sebisa mungkin air tersebut dalam kondisi hangat. Setidaknya kamu mengkonsumsi air putih hangat sebanyak dua liter sehari.
 

baca juga

Menjaga Kelembapan Udara di Rumah

Menjaga Kelembapan Udara di Rumah

Berada di lingkunan yang lembap rupanya dapat membantu kamu untuk mempercepat suara yang hilang. Karena nantinya udara yang dihirup oleh kamu dapat masuk ke dalam tenggorokan sehingga dapat memengaruhi laring. Kamu bisa melembabkan udara di sekitar dengan menggunakan humidifier atau vaporizer, selama proses penyembuhan suara hilang.

Konsumsi Minuman Hangat

Konsumsi Minuman Hangat

Selain harus terus mengkonsumsi air putih, kamu juga harus konsumsi minuman hangat agar suara kamu yang hilang dapat kembali lagi. Selain air putih hangat, kamu juga bisa menyeruput susu hangat atau teh herbal hangat. Selain itu juga terdapat cara lainnya, yaitu dengan makan-makanan yang berkuah hangat seperti sup ayam atau sup kaldu.
 

baca juga

Menghindari Minuman Beralkohol dan Rokok

Menghindari Minuman Beralkohol dan Rokok

Banyak orang yang menganggap agar tenggorokan tetap lembap dan terhidrasi optimal. Tetapi justru minuman alkohol dan rokoklah yang dapat memperparah suara hilang yang sedang kamu alami. Alasannya adalah minuman yang mengandung alkohol dan rokok itu dengan mudahnya memicu dehidrasi dan memperburuk iritasi tenggorokkan.