Sama seperti season sebelumnya, formasi juri Masterchef Indonesia di season 6 kali ini masih diisi oleh Chef Juna, Chef Arnold, dan Chef Renatta Moeloek. Yuk simak profil menarik mereka di bawah ini!


 

Chef Juna Rorimpandey

Chef Juna yang bernama asli Junior John Rorimpandey ini lahir pada 20 Juli 1975 di Manado, Sulawesi Utara. Acara Masterchef Indonesia inilah yang membawa nama Chef Juna dikenal dan menjadikannya sebagai salah satu celebrity chef.

Chef Juna juga pernah menjabat sebagai Executive Chef di Restoran Jack Rabbit Jakarta. Kemampuannya di dunia kuliner tentu sudah tidak diragukan lagi, namun Chef Juna mengaku bahwa ia masuk ke dunia kuliner karena suatu 'kecelakaan' lho.

Chef Juna Rorimpandey

Chef Juna mengaku bahwa dirinya menjadi seorang koki secara tidak sengaja. Chef Juna bercerita bahwa dulu dirinya adalah remaja yang nakal dan berandalan. Banyak hal buruk menimpa dirinya termasuk tidak menyelesaikan kuliahnya di jurusan perminyakan Universitas Trisakti. Karena hal-hal buruk tersebut, pikirannya pun menjadi berubah dan berniat memperbaiki diri.
 

baca juga

Chef Juna memutuskan pindah ke Brownsville, Texas, Amerika Serikat pada tahun 1997. Awalnya, Juna memilih masuk sekolah penerbangan dan berhasil lulus dan mendapat lisensi pilot! Setahun kemudian, yaitu pada tahun 1998, krisis moneter melanda Indonesia yang juga turut mempengaruhi ekonomi orang tua Juna. Keadaan tersebut akhirnya memaksa Juna mencari uang sendiri untuk biaya hidupnya.

Demi mempertahankan hidupnya di Amerika, Juna pun rela bekerja apa saja. Akhirnya ia mendapat pekerjaan sebagai pelayan di sebuah restoran tradisional Jepang. Singkat cerita, Juna diajari dan dilatih oleh master sushi di restoran tersebut dengan metode yang keras. Ternyata Chef Juna punya kemampuan yang luar biasa. Pada tahun 2003, Chef Juna pun pindah ke restoran sushi nomor 1 di Houston yang bernama Uptown Sushi dan menjadi Executive Chef di sana.

Chef Juna Rorimpandey

Waktu berlalu, Chef Juna merasa jenuh dengan masakan Jepang sehingga ia pun pindah ke restoran Perancis, The French Laundry yang dikenal sebagai restoran yang menerapkan standar tinggi. Tentunya Chef Juna harus belajar lagi dari awal. Di sana dia dilatih dengan sangat keras agar makanan yang dihasilkan terlihat cantik, namun tetap enak dan bergizi.

Dari pelajaran berharganya yang didapat di Amerika, Chef Juna pun pulang ke Indonesia dan menunjukan performa yang luar biasa sebagai seorang chef sampai seperti saat ini. Di balik kesan galaknya, Chef Juna ternyata punya cerita inspiratif yang mengajarkan bagaimana pentingnya kerja keras.
 

Chef Arnold Poernomo

Juri Masterchef Indonesia selanjutnya adalah Chef Arnold Poernomo yang lahir di Surabaya, 18 Agustus 1988. Chef Arnold mulai dikenal ketika dirinya menjadi juri di Masterchef Indonesia menggantikan Chef Juna pada tahun 2013.

Berbeda dengan Chef Juna yang masuk ke dunia kuliner karena tidak sengaja, Chef Arnold memang lahir dan tumbuh di keluarga yang cinta masak. Ibu Chef Arnold adalah seorang koki, neneknya pun seorang koki sekaligus pemilik restoran. Latar belakang keluarga inilah yang membentuk bakat Chef Arnold dan membuatnya cinta pada bidang kuliner hingga saat sekarang.

Chef Arnold Poernomo

Cerita pun dimulai ketika Chef Arnold pindah ke Sydney ketika usianya 10 tahun. Ketika memulai kariernya, dia bekerja di beberapa restoran di Sydney sebagai pencuci piring hingga akhirnya diperkenalkan dengan berbagai teknik memasak.

Banyak ilmu yang ia dapatkan hingga akhirnya bisa menjadi chef profesional seperti saat ini. Kini Chef Arnold yang dikenal dengan komentar 'julid' dan pedasnya ini sudah terhitung menjadi juri Masterchef Indonesia sebanyak 3 season yaitu season 2, season 5, dan season 6. 

baca juga

Tak hanya Chef Arnold yang terjun ke dunia kuliner. Adiknya, yaitu Reynold Poernomo juga berhasil menjadi chef. Reynold adalah kontestan Masterchef Australia season 7 dan terkenal karena keahliannya dalam membuat dessert, sampai-sampai Reynold dijuluki The King of Dessert lho!

Dari kemampuan keluarganya dalam dunia kuliner tersebut, Poernomo bersaudara yaitu Ronald, Arnold, dan Reynold, akhirnya membuka KOI Dessert Bar yang berlokasi di Kensington Street, Chippendale, Sydney. KOI Dessert Bar pun cukup populer dan tak pernah sepi pengunjung.

Selain KOI Desset Bar, Chef Arnold juga membuka usaha kuliner di Indonesia yaitu Restoran Mangkok Ku. Chef Arnold membuka usaha Mangkok Ku bersama Randy, serta kedua putra Presiden Joko Widodo yaitu Gibran Rakabuming dan Kaesang Pangarep. Mangkok Ku menyediakan beragam rice bowl dengan harga yang cukup terjangkau.

Chef Arnold Poernomo

Bagi kamu yang kesemsem dengan paras gantengnya, mungkin kamu harus sedikit patah hati nih, ladies. Chef Arnold sudah menikah dengan Tiffany Soetanto pada tahun 2017. Kini Chef Arnold dan Tiffany telah dikarunai satu anak yaitu Arthur Miles Poernomo. Bahagia terus ya Chef Arnold dan keluarga!
 

Chef Renatta Moeloek

Chef Renatta Moeloek lahir pada 17 Maret 1994. Dirinya dikenal dan mencuri perhatian publik ketika ia menjadi juri Materchef Indonesia season 5 menggantikan Chef Rinrin Marinka. Ketika awal kemunculannya, Chef Renatta langsung memberikan kesan sangar, namun semakin lama Chef Renatta malah bikin netizen jatuh cinta karena keahlian memasaknya.

 

Chef Renatta Moeloek

Di lansir dari Detik Food, perjalanan Renatta di dunia kuliner ternyata dimulai ketika dirinya duduk di bangku SMP. Hal tersebut berawal dari ibunya yang ternyata tidak pandai memasak. Kemudian saat masih SMP, banyak dari teman-temannya yang mampir ke rumah Renatta.

Kedatangan tamu, tentu saja membuat Renatta harus memberikan suguhan untuk dapat dinikmati oleh teman-temannya. Namun ibunya tak pandai masak, ditambah lagi dengan sibuk karena pekerjaannya, akhirnya pun Renatta terpaksa membuatkan makanan-makanan tersebut.

Meskipun awalnya merasa terpaksa, tetapi lama-kelamaan Renatta Moeloek justru dibuat jatuh cinta dengan kegiatan memasak. Sejak saat itulah mulai sering memasak. Hasil masakannya pun selalu dipuji enak oleh teman-temannya!

Kecintaanya pada dunia memasak tersebut akhirnya membuat Renatta memutuskan untuk menempuh pendidikan memasak di Le Cordon Bleu Culinary Art di Paris, Prancis. Renatta sukses menyelesaikan pendidikannya dengan mendapatkan gelar Diploma Superior Cuisine and Superior Pastry tahun 2018.

Di tahun yang sama, setelah kelulusannya, Chef Renatta berkesempatan bekerja di salah satu restoran dengan bintang Michelin, Garance Saint Dominique di Paris, Prancis. Dengan gelarnya tersebut, Chef Renatta ingin lebih memperkenalkan kuliner Indonesia ke mata dunia.

Setelah pulang ke Indonesia, Renatta juga membuka sebuah bisnis kuliner. Ia bersama dengan teman-temannya belum lama ini mengeluarkan restoran menarik. Restoran tersebut dikenal dengan nama Fedwell. Restoran Fedwell berada di kawasan Senopati, Jakarta Selatan dan Citywalk, Jakarta Pusat.

Chef Renatta Moeloek

Renatta Moeloek menerapkan konsep berbeda dengan restoran kebanyakan. Di restoran Fedwell Renatta menawarkan menu makanan yang menyehatkan tanpa bahan-bahan pengawet. Tak hanya itu, restoran Fedwell juga menarik karena di restoran tersebut pengunjung bisa membuat sendiri kreasi makanan yang diinginkan lho. Seperti memilih isi atau topping agar sesuai selera dan juga sesuai dengan pola makan sehat yang sedang di jalani pengunjung.

Itu lah profil menarik dari ketiga juri Masterchef Indonesia. Dari ketiganya, mana nih idolamu, ladies?