1. Makanan Kaya Serat


5 Bahan Makanan yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit
source: https://freepik.com/

Serat memiliki dua jenis, yaitu serat larut dan serat tidak larut. Serat tidak larut berfungsi untuk membersihkan saluran pencernaan, sedangkan serat larut sangat baik untuk membantu menjaga berat badan dan mencegah penumpukan lemak.

Dilansir dari Detik.com, selain dapat membuat rasa kenyang lebih lama, sebuah studi menunjukkan bahwa setiap tambahan 10 gram serat larut setiap hari dapat membantu penurunan 4% lemak perut selama 5 tahun. Serat larut ini bersumber dari kacang-kacangan, brokoli, gandum, hingga buah-buahan seperti apel dan pir.

2. Potasium


5 Bahan Makanan yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit
source: https://freepik.com/

Makanan dengan kadar potasium tinggi seperti buah alpukat dan pisang juga dapat membantu mengurangi perut buncit. Hal ini karena potasium dapat mengurangi penimbunan air dalam perut sehingga perut terhindar dari kembung yang dapat membuatnya tampak lebih besar.

Selain alpukat dan pisang, potasium juga dapat ditemukan dalam buah-buahan lain seperti semangka, pepaya dan cranberry.

baca juga

3. Probiotik


5 Bahan Makanan yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit
source: https://www.healthline.com/

Probiotik merupakan bakteri baik yang membantu proses pencernaan serta meningkatkan imunitas. Selain itu, probiotik juga dikenal dapat membantu menurunkan berat badan karena dapat meningkatkan proses pembakaran lemak dan mengurangi penyerapan kalori. 

Dilansir dari Healthline.com, asupan makanan yang mengandung probiotik seperti yogurt dan tempe dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus sehingga dapat menurunkan risiko kegemukan maupun penumpukan lemak perut. 

4. Teh Hijau


5 Bahan Makanan yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit
source: http://dailystar.co.uk/

Selain mengandung nol kalori, teh hijau juga dikenal baik untuk diet karena memiliki zat antioksidan dan katekin yang dapat membantu mengurangi perut buncit bagian bawah. Dikutip dari Detik Food, mengonsumsi teh hijau untuk menurunkan lemak perut dianjurkan sebanyak 2 – 3 cangkir per hari. Lebih dari itu, teh hijau justru dikhawatirkan dapat menyebabkan masalah lain seperti dehidrasi.

baca juga

5. Jeruk Nipis


5 Bahan Makanan yang Ampuh Mengecilkan Perut Buncit
source: http://reneeclerkin.com/

Dalam diet rendah kalori, air perasan jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan karena mengandung nutrisi yang meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Selain itu, jeruk nipis juga kaya akan vitamin C yang dapat membantu memecah lemak tubuh, sehingga air perasan jeruk nipis paling baik dikonsumsi sebelum memulai olahraga.