Paparan sinar matahari, polusi, kotoran, dan debu jadi faktor utama penyebab permasalahan kulit buat kamu yang aktif, tidak hanya di dalam namun juga di luar ruangan. Bakalan ada banyak permasalahan kulit yang muncul kalau kamu enggak memberikan perhatian ekstra pada kulit, terutama kulit kusam.
 
Meskipun sudah kamu lindungi wajah dengan memakai masker anti polusi saat berada di luar ruangan, nyatanya enggak menjamin kulitmu aman dari permasalahan kulit yang mengintai. Untuk menyiasatinya, kamu wajib simak trik di bawah ini.
 

1. Rajin Cuci Muka

1. Rajin Cuci Muka

Pasti banyak dari kamu yang sering melewatkan ritual ini. Setelah kamu seharian beraktivitas, hal pertama yang wajib kamu lakukan adalah mencuci muka. Bersihkan mukamu dari make up dan kotoran yang menempel di kulit. Lakukan double cleansing agar wajahmu benar-benar bersih dan bebas kotoran, karena sisa make up dan kotoran yang menempel di wajahmu bisa memicu banyak permasalahan kulit.
 
Tidak hanya saat malam hari setelah beraktivitas, di pagi hari ketika baru bangun tidur kamu juga wajib membersihkan wajah. Hal ini dilakukan untuk membersihkan produksi minyak saat kamu tidur.
 

baca juga

2. Rutin Melakukan Eksfoliasi

2. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Eksfoliasi kulit berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori dan jadi penyebab kulit kusam. Ada 2 jenis eksfoliasi kulit yang bisa kamu pilih, physical alias manual exfoliants dan chemical exfoliants. Physical exfoliants bisa dilakukan dengan menggunakan scrub atau cleansing brush. Sedangkan chemical exfoliants dapat digunakan dengan peeling yang mengandung AHA/BHA dan retinoid. Namun perlu diingat, meskipun eksfoliasi kulit baik untuk dilakukan, kamu hanya bisa melakukan eksfoliasi 2 kali seminggu agar kulit tidak rusak.
 

3. Gunakan Peel Off Mask

3. Gunakan Peel Off Mask

Gunakan peel off mask yang berfungsi mengangkat sel kulit mati dari wajah. Untuk yang satu ini, kamu bisa mengandalkan Wardah Perfect Bright Peel Off Mask yang non alkohol sebagai perawatan wajah yang mampu mengangkat lapisan kulit mati dan kotoran kotoran kecil yang menumpuk di wajah selama ini. Dengan rutin mengaplikasikan Wardah Peel Off Mask, membuat kulitmu bersih, halus, dan cerah seketika!
 
Mengandung Double Lightening Actives, Licorice, Vitamin B3 dan E untuk pencerahan dari dalam. Double Lightening Actives yang ada dalam masker, bekerja dari dalam kulit dan ampuh banget untuk mencerahkan kulitmu yang aktif dengan cara memberantas sel kulit mati.

baca juga
3. Gunakan Peel Off Mask

Efek cooling dan soothing saat pemakaian juga bikin kulitmu jadi segar dan nyaman. Karena enggak menggunakan alkohol, jadi kamu enggak akan merasa perih di area dekat mata atau indera penciuman saat pemakaian.
 
Cara memakainya juga mudah, cukup oleskan Wardah Perfect Bright Peel Off Mask secara merata pada wajah yang telah dibersihkan, hindari bagian mata & bibir.  Diamkan selama 15-20 menit hingga masker mengering. Kemudian, lepaskan masker dengan cara dikelupas. Saat melepaskan masker dari kulit, kamu bisa ngerasain sensasi sel kulit mati yang ikut terangkat. Puas banget, deh! Terakhir, basuh wajah dengan air. Kamu bisa menggunakan Wardah Perfect Bright Peel Off Mask 1-2x seminggu dan wajahmu cerah seketika. 
 

4. Gunakan Pelembap

4. Gunakan Pelembap

Sebelum mengaplikasikan make up, kamu wajib banget menggunakan pelembap. Karena, ketika kamu melakukan eksfoliasi pada kulit, kulit akan menjadi kering. Untuk tetap menjaga kelembapannya, kamu wajib menggunakan pelembap.
 

5. Gunakan Sunscreen

5. Gunakan Sunscreen

Agar kulitmu terlindungi dari sinar matahari yang mampu merusak kulit, kamu perlu memakai sunscreen setiap hari. Gunakan sunscreen dengan SPF minimal 30 untuk aktivitas sehari-hari. Pengaplikasian sunscreen wajib kamu lakukan sebelum kamu mengaplikasikan make up.