Sama dengan model rambut, warna rambut juga mengalami perubahan setiap tahunnya. Jika pada 2019 tren warna rambut yang populer adalah rose blonde dan green blonde, tren rambut 2020 diprediksi akan diramaikan dengan warna-warna strong atau kuat, yakni classic blue atau biru klasik. 

Classic blue baru saja dinobatkan sebagai Color of the Year versi Pantone. Warna ini diprediksi akan menjadi tren pada 2020 dan mewarnai setiap bidang, seperti dunia fashion, kecantikan dan kosmetik, serta interior. 

Pantone merupakan perusahaan yang memproduksi sistem warna yang telah diakui secara internasional. Sistem warna ini dikenal dengan istilah Pantone Matching System (PMS). 

Biru Klasik Jadi Tren Warna Rambut Hingga Fashion 2020
source: https://www.instagram.com/billieeilish/

Seperti dilansir dalam laman Allure.com, meski Pantone's 2020 Color of the Year ini tanpa embel-embel nama mewah seperti tren warna rambut terdahulu, di antaranya living coral, ultra violet, atau rose quart, biru klasik memiliki warna yang menakjubkan serta jauh dari kesan membosankan sepanjang 2020. 

Classic blue digambarkan sebagai warna laut dan langit yang memberikan ketenangan. Selain itu, biru klasik merupakan warna universal lantaran dapat dilihat semua orang di dunia. Untuk rambut, warna ini juga cocok untuk segala jenis rambut dan warna kulit.

baca juga
Biru Klasik Jadi Tren Warna Rambut Hingga Fashion 2020
source: https://www.instagram.com/iamcardib/

Sebelumnya beberapa pesohor Hollywood pernah menjajal warna ini. Penyanyi muda asal Amerika Serikat, Billie Eilish, misalnya, merupakan penggemar warna rambut biru klasik. Ia sempat mencoba warna rambut biru klasik sebelum akhirnya mengganti menjadi warna hijau neon. Selain Billie Eilish, rapper asal Amerika, Cardi B juga pernah mencoba wig biru klasik lebih dari sekali.  

Tak hanya pesohor Hollywood, sejumlah bintang Korea Selatan atau K-Pop juga pernah mencoba warna biru klasik untuk rambut mereka, seperti penyanyi IU, Youngjae GOT7, Astro Rocky, serta personel SuperM, yakni Kai dan Lucas. Ini membuktikan bahwa biru klasik menjadi warna universal dan serbaguna. Tak heran, bila warna ini bakal menjadi tren dunia pada 2020 serta makin banyak orang-orang yang menjajalnya.

Biru Klasik Jadi Tren Warna Rambut Hingga Fashion 2020
source: https://www.instagram.com/iu_leejieun516/

Akan tetapi, meski cocok untuk semua jenis rambut, menerapkan biru klassik dirambut tak boleh asal dilakukan. Eryk Brian, seorang penata rambut di Pony Studios di Oakland, California, mengatakan ada sejumlah rangkaian yang perlu dilakukan terlebih dulu. Pertama, jika rambutmu berwarna pirang terang atau kuning, kamu perlu mengguntingnya terlebih dulu demi menghilangkan warna kuning pada rambut. Hal ini bertujuan mencegah rambut agar tidak berubah hijau. 

Karena itu, kamu perlu mengcat lebih dulu ke warna pirang dingin atau pucat, bahkan memutihkannya seperti yang dilakukan IU, untuk hasil sempurna. "Biru klasik berpasangan baik dengan warna gelap. Saya biasanya mencampur beberapa nada biru yang berbeda untuk mencapai hasil akhir dan menerapkannya saat rambut dalam keadaan kering," kata Brian. 

baca juga
Biru Klasik Jadi Tren Warna Rambut Hingga Fashion 2020
source: https://www.instagram.com/onlykingkai/

Brian mengaku, biasanya ia melakukan proses pewarnaan selama 20 hingga 45 menit, lalu membilasnya dengan air dingin agar hasilnya lebih mengkilap atau glowing. Seperti diketahui, air panas dapat membuat kulit kepala terbuka, yang ujung-ujungnya merusak rambut, antara lain rambut rontok, kering, dan berminyak. 

Demi membuat warna rambut bertahan lama dan tetap sempurna, kamu harus menjalani perawatan lanjutan di rumah. Stephanie Diaz, seorang pewarna di Bumble and bumble Meatpacking, merekomendasikan untuk mencuci rambut memakai air dingin, sampo bebas sulfat, serta menggunakan kondisioner seminggu sekali.