Muncul Bruntusan Setelah Mencoba Exfoliate Toner, Apa yang Salah?
source: https://youtu.be/ntQxLY8QfMU

Salah satu hal yang mungkin terjadi pada kulit orang yang baru pertama kali menggunakan produk exfoliate adalah kulitnya menjadi bruntusan. Namun enggak perlu khawatir, perubahan kulit menjadi jelek sebelum akhirnya muncul sel kulit baru yang lebih baik lumrah terjadi.

Sebab, salah satu manfaat bahan aktif yang terkandung dalam produk exfoliate adalah menhelupas sel kulit mati serta membuat bakal calon jerawat untuk segera naik ke permukaan. Hal ini terlebih jika kamu memang memiliki riwayat wajah berjerawat sebelumnya. Proses tersebut lumrah dan disebut purging.

Namun, satu hal yang perlu kamu waspadai adalah jika bruntusan terus menerus terjadi, bertambah parah dan tak kunjung membaik. Nah, bisa jadi kamu mengalami breakout.

Pahami Dulu Yuk Perbedaan Purging dan Breakout


Pahami Dulu Yuk Perbedaan Purging dan Breakout
source: https://www.pixabay.com

Seperti yang dikemukakan drg. Puspita Mayangsari dalam video YouTube-nya, purging ialah suatu kondisi kulit dimana akan memburuk terlebih dahulu sebelum akhirnya bersih. Sedangkan breakout ialah keadaan kulit yang terus memburuk tanpa perbaikan sama sekali saat menggunakan sebuah produk.

Yang perlu diingat, purging hanya terjadi jika kamu sedang mencoba produk baru dengan bahan-bahan yang berfungsi meng-eksfoliasi kulit, seperti, AHA, BHA, Retinoids atau vitamin A dan turunannya, Vitamin C. Selain produk tersebut, purging yang terjadi pada kulit bisa juga muncul setelah kamu melakuan treatment, seperti chemical peeling dan microdermabrasion.

Jika produk yang kamu coba tidak termasuk dalam kategori tersebut, bisa jadi nih, itu adalah breakout alias kamu tidak cocok dengan produk tersebut, jangan ragu untuk segera menghentikan pemakaiannya ya!  Selain itu, ingat-ingat juga riwayat skincare yang kamu gunakan. Breakout bisa terjadi saat kamu menggunakan krim ber-steroid dalam jangka panjang dan berhenti secara mendadak.

baca juga
Pahami Dulu Yuk Perbedaan Purging dan Breakout
source: https://www.instagram.com/_passionforfruit_

Perhatikan Lokasinya

Purging terjadi di area wajah yang memang biasa muncul jerawat. Jika jerawat muncul di area yang tidak biasanya, bisa dipastikan itu adalah break out.

Waktu

Selain dilihat dari formula yang dikandung sebuah produk, untuk menentukan breakout atau purging dapat dilihat dari durasi bruntusan tersebut terjadi. Jika bruntusan terus menerus kamu alami hingga lebih dari 8 minggu inilah yang patut diwaspadai. Purging biasa terjadi dalam jangka waktu 2-4 minggu, atau jika kamu menggunakan retinoid (terlebih yang didapat dari resep dokter) bisa terjadi dalam 6-8 minggu.

Jangan Lupa Dokumentasi

Dokumentasi kulit penting dilakukan saat kamu mencoba sebuah produk baru. Tujuannya agar kamu tahu progres dan dapat melakukan evaluasi dengan tepat jika terjadi apa-apa pada kulitmu.

Tips Meminimalisir Bruntusan Sebelum Mencoba Produk Baru

  • Test Patch, bisa dilakukan di lengan bagian dalam. Jika tidak menimbulkan reaksi seperti panas, kemerahan, gatal atau timbul iritasi setelah 24 jam, baru deh mulai aplikasikan di satu bagian kecil area wajah. Setelah tidak menimbulkan masalah, bisa dilanjutkan dengan mencoba di seluruh bagian wajah.
  • Start Slow, gunakan exfoliating product secara perlahan, misal, satu minggu sekali, satu minggu tiga kali dan seterusnya sambil mengamati reaksi kulit.
  • Jangan coba lebih dari 1 produk baru dalam sekali waktu. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kamu mengetahui produk mana yang menjadi penyebab jika terjadi bruntusan di kulitmu.
  • Perhatikan makanan, efek inflamasi akibat purging bisa dikurangi dengan menjaga asupan makanan lho. Contohnya, seperti rutin megkonsumsi sayuran dan buah serta mengurangi junk food atau minuman yang memiliki kadar gula tinggi. 
youtube:ntQxLY8QfMU
source: https://youtu.be/ntQxLY8QfMU
CARA BEDAIN PURGING VS BREAKOUT | HARUS STOP ATAU LANJUT??