Keriput merupakan timbulnya kerutan dan garis halus pada kulit akibat proses pertambahan usia yang dialami oleh setiap orang. Namun selain penuaan, ada beberapa kebiasaan yang kamu lakukan dan membuat kulit lebih cepat keriput.
 

Padahal kamu sudah melakukan beragam cara untuk menghambat datang nya keriput di kulitmu seperti ke salon kecantikan atau memakai rangkaian skincare. Cari tahu yuk apa kebiasaan yang biasa dilakukan yang membuat kulit cepat berkeriput.
 

1. Mengunyah Permen Karet

1.	Mengunyah Permen Karet

Siapa sangka kebiasaan mengunyah permen karet yang telah menjadi hobi kamu akan membuat kulit lebih cepat berkeriput. Hal ini dikarenakan akan menimbulkan kerutan di bawah mulut dan mengakibatkan masalah pada struktur mulut. Mari hilangkan kebiasaan mengunyah permen karet ya Ladies!
 

baca juga

2. Minuman Manis, Bersoda, dan Beralkohol

2.	Minuman Manis, Bersoda, dan Beralkohol

Kandungan glycation pada minuman manis dan bersoda dapat menyebabkan kolagen dalam kulit akan menjadi lebih rapuh. Kekenyalan dan kekencangan kulitmu akan menurun, sehingga wajah akan lebih cepat muncul kerutan. Sementara alkohol dapat meningkatkan kebocoran pada pembuluh darah.
 

3. Minum Memakai Sedotan

3.	Minum Memakai Sedotan

Kamu pasti kaget jika minum dengan sedotan akan mempercepat timbulnya keriput di usia muda. Memang minum dengan sedotan akan menghindari noda pada gigi. Namun jika menyedot minuman dengan terus menerus dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan garis kerut di sekitar mulut. Jadi lebih kamu meminumnya langsung dari gelas atau botol minumanmu.
 

baca juga

4. Menggosok Kulit Saat Ppakai Makeup atau Skincare

4.	Menggosok Kulit Saat Ppakai Makeup atau Skincare

Kenakan makeup dan skincare tanpa menggosoknya seperti di bagian pinggir mata, mulut, maupun alis saat sedang mengaplikasikannya. Menggerakan wajah untuk membantu saat mengaplikasikan makeup boleh saja, namun jangan menariknya ya, Ladies.
 

5. Memencet Jerawat

5.	Memencet Jerawat

Kamu yang hobi memencet dan mengorek jerawat harus menghentikan kebiasaan ini. Banyak dampak jika kamu terus melakukannya, salah satunya muncul keriput di usia muda. Biarkan jerawat kamu hilang menggunakan obat jerawat, treatment ke dokter, atau diamkan sendiri hingga kempes. Jika melakukan hal ini terus menerus kulit akan iritasi dan luka.