Apa itu Panic Disorder?


Apa itu Panic Disorder?
source: https://id.pinterest.com/angjly/

Menurut DSM-5 Panic Disorder adalah gangguan kecemasan yang ditandai dengan serangan kecemasan yang terjadi secara tiba-tiba. Kecemasan yang timbul juga dialami secara berulang-ulang. Orang yang mengalami panic disorder dapat merasa cemas secara tidak wajar dan berlebihan tanpa ada faktor penyebab. Kecemasan yang dirasakan juga tidak hanya datang sekali waktu, tetapi dapat terus terjadi sehingga sangat menggangu aktivitas harian penderitanya. 

Apa Penyebab Panic Disorder?


Apa Penyebab Panic Disorder?
source: https://id.pinterest.com/renaekb/

Kecemasan memang wajar terjadi pada manusia, tetapi berbeda dengan panic disorder karena sering kali tidak ada faktor penyebab tertentu seseorang mengalami kecemasan berlebih. Panic disorder sering dikaitkan dengan genetika atau turunan. Tetapi penelian yang ada belum dapat menjelaskan apabila panic disorder terjadi karena genetica.

Proses biologi memainkan peran penting dimana ada bagian otak yang bekerja untuk mengatur perasaan takut dan kecemasan. Para ahli berpendapat orang menderita panic disorder memiliki kekeliruan memahami sensasi tubuh yang tidak berbahaya menjadi ancaman. 

baca juga

Faktor Pemicu Panic Disorder


Faktor Pemicu Panic Disorder
source: https://id.pinterest.com/galizi123/

Faktor utama yang menjadi pemicu panic disorder adalah stress. Permasalahan yang tak kunjung terselsaikan dapat menjadi tumpukan masalah sehingga menyebabkan stress berkepanjangan. Tapi banyak orang juga menderita panic disorder dikarena oleh adanya traumatic, seperti mengalami kecelakaan, adanya perubahan dalam kehidupan, atau mengalami kekerasan fisik ataupun sexual. Beberapa kasus juga menjelaskan konsumsi kafein dan nikotin yang berlebihan dapat menjadi pemicu panic disorder. 

Gejala Gangguan Panic


Gejala Gangguan Panic
source: https://id.pinterest.com/Einfojunkie/

Gejala panic disorder biasanya muncul pada usia remaja dan dewasa. Orang yang mengalami panic disorder akan sering merasakan kecemasan. Kecemasan yang dirasakan juga sangat menakutkan sehingga dapat menyebabkan berkeringan, menggigil, vertigo, nyeri dada, dan sesak napas. 

Kecemasan yang dirasakan juga dapat terjadi dimanapun dan kapanpun tanpa harus ada faktor yang menyebabkannya. Dalam satu kali serangan panic gejala yang timbul biasanya dapat terjadi 10-20 menitan. Ada juga kasus yang bertahan selama 1 jam dalam keadaan panic. 

baca juga

Pengobatan Panic Disorde


Pengobatan Panic Disorde
source: https://id.pinterest.com/cocopass0641/

Kecemasan mencekam yang dapat terjadi kapanpun dan dimanapun dapat mengganggu aktivitas kehidupan seseorang. Untuk mengobati gangguan psikologis ini dapat  dengan meminta bantu para ahli seperti psikolog ataupun psikiater. Metode pengobatan yang dilakukan juga disesuaikan dengan tingkat kecemasan yang dirasakan seperti melakukan psikolterapi ataupun menggunakan obat-obatan. 

Cara Mencegah Panic Disorder


Cara Mencegah Panic Disorder
source: https://id.pinterest.com/brigittemagazin/

Untuk mencegah terjadinya panic disorder sebenar belum ada ahli yang dapat menjelaskan secara signifikan. Tetapi untuk mengurangi gejela panic disorder dapat melakuakan latihan managemen stress, relaksasi, memulai hidup sehat dengan olahraga teratur dan mengindari kafein dan minuman berahkoloh. Jangan lupa juga untuk tidur yang cukup, karena kekurangan tidur dapat meningkatkan stress seseorang. 

Sumber: American Psychiatric Association (2013), Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (5th ed.)