Apa yang Dimaksud Diet Keto?

Diet keto berasal dari kata 'ketogenic' yang merupakan diet yang tinggi protein dan lemak serta rendah karbohidrat. Charles Passler, seorang ahli gizi di New York menyebutkan bahwa dalam diet ini 70% kalorimu dalam sehari harus berasal dari lemak sehat, 20-25% protein, dan 5-10% karbohidrat. Dengan membatasi jumlah karbohidrat yang masuk, diet ini akan memaksa tubuhmu untuk membakar lemak menjadi energi. 

Diet keto merupakan salah satu diet yang cukup aman serta ampuh lho dalam mengurangi berat badan. Untuk memulainya juga bukan suatu hal yang sulit, karena tubuhmu masih akan mendapatkan energi dari lemak dan protein untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, walaupun terlihat mudah, kamu tentu harus berkomitmen dan merencanakannya agar diet keto menjadi diet yang tepat untuk tubuhmu ya. 

Apa yang Dimaksud Diet Keto?
source: https://pixabay.com/


 

Daftar Makanan yang Dapat Dikonsumsi Untuk Diet Keto

Dilansir dari Detik Health, Berikut beberapa jenis makanan berprotein dan tinggi lemak yang bisa dikonsumsi untuk kamu yang ingin memulai diet keto, di antaranya adalah:

  • Telur
  • Daging merah, ayam, steak, kalkun, bacon
  • Mentega dan krim
  • Ikan salmon, tuna, mackarel, sarden
  • Jenis keju yang tidak diolah
  • Buah alpukat dan stroberi
  • Kacang almond, biji chia, kenari, dan jenis kacang-kacangan
  • Sayur hijau, paprika, tomat, bawang, dll
  • Yoghurt full fat dan susu full fat
  • Dark chocolate hingga 90%
  • Untuk bumbu, kamu bisa menggunakan garam dan merica atau ditambah dengan bumbu-bumbu sehat lainnya seperti kaldu jamur alami ya, ladies.
Daftar Makanan yang Dapat Dikonsumsi Untuk Diet Keto
source: https://freepik.com
baca juga

Diet Keto Bisa Mencegah dan Mengurangi Migrain?

Diet keto yang menerapkan metode tinggi lemak dan protein serta rendah karbo ini ternyata sebelumnya dibuat untuk penderita penyakit epilepsi lho. Penyakit epilepsi sendiri sebabkan oleh gangguan neurologis dan menyebabkan adanya aktivitas abnormal otak. Kini, beberapa peneliti berpikir bahwa diet keto mungkin juga bisa menjadi jawaban untuk mengurangi masalah migrain yang sudah kronis. Diet akan membuatmu menerapkan pola hidup sehat, dan secara langsung dapat membuat migrain berkurang.

Namun untuk diet keto secara spesifik, masih perlu banyak dilakukan penelitian. Pada tahun 2017 terdapat penelitian yang menyebutkan adanya hubungan antara diet keto dengan pencegahan migrain, namun penelitian itu masih belum menjelaskan secara lebih detail apa hubungan antara diet keto dengan migrain. Maka dari itu dibutuhkan penelitian lebih lanjut. 

Diet Keto Bisa Mencegah dan Mengurangi Migrain?
source: https://freepik.com/

Walaupun belum ada data spesifik mengenai fungsi diet keto pada pencegahan pengobatan migrain, banyak dokter yang menyarankan penderita migrain kronis tidak ada salahnya untuk mencoba diet ini. Toh, kamu juga bisa mendapatkan manfaat lainnya seperti penurunan berat badanmu, ladies.