Selain Baik untuk Tulang, Kenali Manfaat Lokio untuk Kesehatan Lainnya

Alasan lokio juga disebut bawang batak adalah karena kerap digunakan dalam kuliner khas Batak, salah satunya seperti menu masakan arsik. Namun, seiring berkembangnya zaman, lokio ini juga digunakan pada berbagai masakan lainnya, seperti pada bahan masakan untuk menumis ikan maupun daging.

Bagi sebagian orang, mungkin sering menyangka jika lokio sama dengan kucai. Padahal keduanya jelas cukup berbeda lho, Ladies. 
 

Selain Baik untuk Tulang, Kenali Manfaat Lokio untuk Kesehatan Lainnya

Lokio sendiri memiliki batang panjang tipis yang berwarna hijau muda dan kemerahan. Sedangkan bonggolnya berbentuk sedikit lonjong dan berwarna putih. Diujung bonggolnya juga terdapat akar tunggang yang dapat menandakan kesegaran dari lokio itu sendiri.

Ketika menyantapnya, lokio mempunyai citarasa perpaduan antara bawang putih dan bawang bombay. Namun, aromanya tidak sekuat kedua bawang tersebut. Makanya, lokio agak jarang dijadikan bumbu halus dan biasanya hanya sebagai bahan pelengkap saja.

Nah, meskipun demikian lokio juga mempunyai beberapa manfaatnya lho Ladies buat kesehatan, seperti berikut ini.
 

baca juga

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Lokio juga mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh lho, Ladies. Dengan adanya sistem tubuh yang kebal, maka tubuh akan semakin mampu memproduksi sel darah putih dan merangsang produksi kolagen. Ini sangat penting lho Ladies, karena kolagen sendiri berperan penting untuk pertumbuhan jaringan, sel otot, dan pembuluh darah baru dalam tubuh.
 

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Adanya kandungan senyawa allicin yang terdapat pada lokio dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, sehingga jantung lebih sehat. Dengan adanya aliicin, aliran darah dari jantung ke organ tubuh lainnya pun dapat berjalan secara optimal. Selain itu, lokio juga mengandung kalium, lho Ladies. Kalium dapat membantu mencegah masalah yang berhubungan dengan jantung, seperti gagal jantung, serangan jantung, tekanan darah tinggi, dan mengurangi pembuluh darah kaku.
 

baca juga

3. Baik untuk Kesehatan Tulang

3. Baik untuk Kesehatan Tulang

Meskipun lokio tidak kaya akan kalsium, namun lokio mengandung senyawa yang dapat mempertahankan kalsium dalam tulang dan darah, mencegah ekskresi kalsium dalam urin, dan memastikan integritas tulang. Vitamin K yang terdapat pada Lokio juga dapat mengurangi keropos tulang dan mengurangi insiden patah tulang pada wanita pasca menopause. Selain itu, mengonsumsi lokio secara teratur juga dapat membantu mencegah osteoporosis lho, Ladies.
 

4. Baik untuk Kesehatan Mata

4. Baik untuk Kesehatan Mata

Kandungan lutein dan zaexanthin yang terdapat pada lokio adalah antioksidan berbasis karoten yang dapat mencegah katarak pada mata lho, Ladies. Selain itu juga memperlambat proses degenerasi makulasehingga mata tetap sehat di usia lanjut. ​​​​​ 
 

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Di dalam lokio juga terdapat aneka senyawa unik yang mampu meringankan sistem pencernaan, lho. Selain itu, lokio juga bersifat antibakteri alami yang mampu melawan bakteri pengganggu sistem pencernaan, seperti bakteri salmonella. Mengonsumsi lokio memang dapat membuat usus dan sistem pencernaanmu menjadi sehat dan dapat bekerja secara maksimal. 
 

6. Mencegah Bayi Lahir Cacat

6. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Bagi ibu hamil memang disarankan untuk mengonsumsi makanan yang tinggi asam folat. Salah satunya juga lokio, lho. Dengan adanya kandungan asam folat pada lokio, maka juga ikut membantu menurunkan resiko bayi terlahir cacat. Karena asam folat sendiri memang sangat penting untuk perkembangan janin dan ikut juga mencegah terjadinya cacat tabung saraf untuk bayi yang baru lahir.
 

7. Mengurangi Resiko Kanker

7. Mengurangi Resiko Kanker

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa quercetin yang merupakan kelompok bawang batak dapat mengurangi resiko kanker seperti kanker payudara, kanker paru-paru, kanker ovarium, kanker usus, kanker mulut, dan kanker prostat. Manfaat ini sendiri diperoleh dari vitamin C, vitamin K, zeaxanthin, dan lutein yang bersifat antioksidan.
 

8. Menjaga Kesehatan Rambut

8. Menjaga Kesehatan Rambut

Kandungan antioksidan, vitamin C, strontium dan flavonoid yang terdapat pada lokio juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan lho, Ladies. 



Ladies bantu Beautynesia jadi lebih baik lagi dengan mengisi survei ini yuk!