Mungkin kamu pernah mengalami uang gajian menipis padahal belum sampai pertengahan bulan. Kemudian kamu mulai bertanya-tanya, uangmu habis dipakai apa. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah karena kamu sering jajan di kantor, Ladies.

Kebiasaan jajan di kantor memang sudah menjadi hal yang lumrah. Apalagi sekarang kamu bisa dengan mudah pesan jajan via aplikasi online. Enggak heran deh menahan godaan jajan di kantor jadi sangat susah. Untuk mengatasinya, Beautynesia sudah rangkum beberapa tips hemat untuk menahan diri tidak jajan di kantor berikut. Simak yuk!

1. Biasakan Sarapan Pagi

1. Biasakan Sarapan Pagi
source: https://id.pinterest.com

Membiasakan diri untuk sarapan sebelum berangkat ke kantor adalah salah satu tips kurangi jajan di kantor. Karena hasrat untuk membeli jajan otomatis akan berkurang jika perut sudah dalam keadaan kenyang, kan? Secara tidak sadar, kamu mungkin jadi enggak tertarik untuk jajan apapun yang terlihat di perjalanan sampai menuju kantor. Selain itu, sarapan juga bisa membuat kamu lebih fokus mengerjakan pekerjaan di kantor, Ladies. 

baca juga

2. Bawa Bekal dari Rumah

2. Bawa Bekal dari Rumah
source: https://id.pinterest.com

Tips hemat selanjutnya adalah biasakan untuk membawa bekal dari rumah. Ini merupakan salah satu tips kurangi jajan di kantor paling jitu. Kamu bahkan bisa makan sambil mengerjakan pekerjaan kantor tanpa perlu repot keluar kantor atau menunggu makanan diantar oleh ojek online. Selain itu, bekal dari rumah juga lebih terjamin kesehatannya dibanding beli makanan di luar. 

3. Hindari Membawa Uang Tunai

3. Hindari Membawa Uang Tunai
source: https://id.pinterest.com

Bagi kamu yang terlalu sering ikut-ikutan membeli jajan di kantor, wajib ikuti tips hemat yang satu ini. Misalnya kamu selalu membeli semangkuk bakso yang lewat di depan kantor setiap hari. Tentu saja kebiasaan tersebut akan berhenti dengan sendirinya ketika kamu tidak memegang uang tunai di dompet, kan?

Walaupun mungkin nominalnya sedikit, tetapi jika dijumlah total pengeluaran jajan tersebut bisa membengkak lho, Ladies. Hitung saja, jika semangkuk bakso dibanderol dengan harga Rp10 ribu, dikali 30 hari sudah Rp300 ribu. Belum lagi kebiasaan jajan lainnya. Jadi, cobalah tips ini untuk jadi lebih hemat, ya.

baca juga

4. Kurangi Intensitas Mampir ke Minimarket

4. Kurangi Intensitas Mampir ke Minimarket
source: https://id.pinterest.com

Jika tidak begitu dibutuhkan, sebisa mungkin jangan pergi ke minimarket. Biasanya setelah selesai meeting di luar kantor, ada beberapa orang yang kebiasaan mampir ke minimarket. Rencana hanya ingin beli minum dan 1 jenis camilan saja untuk di kantor. Namun setelah sampai kasir, bisa lebih dari 10 jenis jajan yang dibeli.

Pernah mengalami hal ini, Ladies? Jika pernah, kamu perlu mulai sekarang setelah selesai meeting langsung kembali ke kantor. Jangan mampir ke minimarket jika enggak ingin uangmu habis di awal bulan. 

5. Audit Pengeluaran Kamu Setiap Minggunya

5. Audit Pengeluaran Kamu Setiap Minggunya
source: https://id.pinterest.com

Luangkanlah waktu untuk mengaudit pengeluaranmu per minggunya. Sekecil apapun transaksi tersebut, catat di buku khusus dan lihat hasilnya. Kamu pasti akan menemukan jawaban kenapa uang gajian kamu bisa habis di awal bulan. Dari situ mulailah meminimalisir, mana transaksi yang diperlukan dan mana yang tidak. Cukup mudah bukan?