1. Persiapkan Kulitmu dengan Baik

Tips makeup yang pertama adalah pastikan kamu sudah mempersiapkan kulitmu dengan baik, ladies. Gunakanlah skincare seperti toner, serum anti-aging, essence anti-aging, yang tepat untuk kulitmu. Jangan lupa untuk memakai moisturizer atau pelembap untuk memberikan hidrasi, karena makeupmu pasti akan lebih menempel dan menyatu dengan sempurna jika kulitmu terhidrasi dengan baik.

Sunscreen juga enggak boleh ketinggalan ya ketika kamu menggunakan makeup pada siang hari. Nah, ketika semua skincare anti-aging sudah menyerap dengan sempurna, kamu pun bisa melanjutkan ke step berikutnya. 

1. Persiapkan Kulitmu dengan Baik
source: https://freepik.com/


 

2. Pilih Foundation yang Ringan di Wajah

Step berikutnya adalah menggunakan base seperti foundation. Selain foundation, kamu juga bisa memilih bb cushion, tint moisturizer, dan sejenisnya. Apapun jenis base-nya, sebaiknya pilihlah produk yang memiliki formula yang ringan. Kamu tentu enggak mau makeup-mu terlihat dempul kan?

Selain itu, jika kamu memilih formula foundation yang terasa berat di wajah, foundation tersebut nantinya akan makin memperjelas tekstur kulit seperti kerutan-kerutan halus. Tips makeup yang bisa kamu terapkan adalah coba aplikasikan produk foundation dengan menggunakan beauty sponge ya, ladies. Beauty sponge akan membantu kamu mendapat hasil yang lebih halus dan natural. 

2. Pilih Foundation yang Ringan di Wajah
source: https://pinterest.com/


 

baca juga

3. Gunakan Makeup Mata Natural

Untuk penggunaan makeup mata, kamu bisa memilih warna-warna eyeshadow natural yang cenderung netral seperti coklat. Selain cantik untuk dilihat, warna-warna netral tersebut bertujuan untuk memperjelas bentuk dan warna matamu, ladies.

Penggunaan makeup mata juga akan membantu penampilanmu lebih segar. Tips makeup yang harus kamu perhatikan agar makeup matamu enggak gagal, sebaiknya hindari pemilihan warna eyeshadow yang terlalu gelap. Hindari juga penggunaan eyeshadow shimmer yang berlebihan, karena hal tersebut akan makin menunjukan kerutan-kerutan di matamu. Kamu pasti enggak mau hal itu terjadi kan? 

3. Gunakan Makeup Mata Natural
source: https://pinterest.com


 

4. Isi Alis AgarWajah Terdefinisi

Alis akan cenderung semakin tipis seiring bertambahnya usia, maka dari itu sebaiknya kamu mengisi alismu agar lebih terdefinisi ya, ladies. Tips makeup yang bisa kamu catat adalah pilih produk untuk alis yang berwarna abu-abu atau coklat gelap.

Pemilihan warna hitam akan membuat penampilan kamu tampak lebih 'galak' serta lebih terlihat lebih tua. Ketika kamu memilih warna abu-abu atau coklat gelap, kamu tinggal mengaplikasikannya sesuai dengan bentuk alismu, ladies. Jangan lupa untuk blending sesudahnya agar terlihat natural dan tidak terlihat garis yang kasar. 

4. Isi Alis AgarWajah Terdefinisi
source: https://pinterest.com/


 

baca juga

5. Gunakan Lipstik dengan Hasil Akhir Satin

Kebanyakan wanita pasti memiliki lebih dari satu lipstik ya. Lipstik-lipstik tersebut pun biasanya mempunyai hasil yang berbeda, seperti glossy, satin, atau matte. Memang tidak ada salahnya menggunakan lipstik yang menjadi favoritmu, namun kali ini Beautynesia akan merekomendasikan kamu untuk menggunakan lipstik yang memiliki hasil akhir satin.

Hasil akhir seperti ini akan membuat bibirmu menjadi terlihat lebih lembap. Kamu juga bisa menggunakan lip liner untuk memberikan kesan bibir yang lebih penuh. Kemudian, pilihlah warna lipstik yang sesuai dengan skintone-mu, ladies, dijamin penampilanmu akan terlihat lebih fresh!

5. Gunakan Lipstik dengan Hasil Akhir Satin
source: https://pinterest.com/

Itu dia beberapa tips dan trik makeup untuk wanita di usia 30-an. Seiring bertambahnya umur, tentu enggak membuatmu berhenti tampil cantik dan menarik kan, ladies? Semoga tips dan trik di atas bermanfaat ya buatmu!