Gunakan Pelindung Rambut

Jangan hanya memperhatikan kecantikan penampilanmu saja. Akan tetapi, kesehatan rambutmu juga penting untuk diperhatikan. Sebelum kamu menggunakan catokan, jangan lupa gunakan pelindung rambut terlebih dahulu ya, Beautynesian. Pelindung rambut sangat penting digunakan agar rambutmu enggak kering dan mudah patah atau menjadi kasar. Kamu bisa mengaplikasikan heat protector dalam bentuk krim, serum atau spray untuk melindungi keindahan dan kesehatan rambutmu.


 

Jaga Kebersihan Alat

Setelah selesai menggunakan catokan rambut, jangan lupa untuk membersihkannya lagi. Kebersihan alat ini juga penting untuk kesehatan rambutmu lho! Sebelum atau sesudah menggunakan alat ini, sebaiknya bersihkan dengan menggunakan lap dalam keadaan mati. Penyimpanan catokan rambut juga enggak bisa sembarangan agar enggak cepat kotor. Setelah menggunakannya, jangan lupa masukan kembali ke dalam pouch atau temat yang bisa menjaga kebersihan dari catokan rambutmu ya!

Jaga Kebersihan Alat


 

baca juga

Perhatikan Suhu

Selain kebersihan alat, suhu catokan pun bisa berpengaruh. Jika kamu mengatur suhu catokan terlalu tinggi, maka rambutmu pun akan menjadi mudah rusak. Untuk menghindari hal tersebut, kamu cukup mengatur suhu catokanmu di angka 120 hingga 150 derajat celsius saja. Namun jika rambutmu cukup tebal dan tergolong kasar, kamu bisa menaikkan suhunya di angka 180 hingga 200 derajat celsius. Jadi, sesuaikan juga suhunya dengan kondisi rambutmu ya, Ladies.


 

Jangan Gunakan Ketika Rambut Basah

Mungkin ketika sedang terburu-buru di pagi hari, kamu sering menggunakan catokan rambut dalam kondisi rambut yang basah. Padahal ini bisa menjadi penyebab rambutmu malah menjadi rusak. Jadi, sebelum menggunakan catokan, pastikan dulu rambutmu benar-benar kering ya, Ladies. Rambut yang setengah kering juga bisa mengakibatkan kerusakan jika langsung terpapar panasnya catokan rambut.

Jangan Gunakan Ketika Rambut Basah


 

baca juga

Pilih Alat yang Bagus

Jangan mudah terbuai dengan harga catokan yang murah. Pastikan dulu bahwa catokan yang kamu beli atau miliki mempunyai kualitas yang baik. Catokan yang tergolong bagus adalah catokan yang terbuat dari keramik, tourmaline atau titanium. Selain itu, pilihlah alat catok yang memiliki kelebaran sekitar 4 cm atau lebih kecil. Ukuran ini akan memudahkanmu mencatok dengan lebih aman dan mudah menjangkau rambut bagian ujung dekat kulit kepala.