1. Alpukat

1. Alpukat

Buah alpukat selain enak untuk dibuat jus ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar membuat sampo, lho, Ladies. Kandungan vitamin, protein, dan asam amino pada buah alpukat sangat bagus untuk rambut. Hadirnya antioksidan pada buah ini semakin menjadikannya sebagai bahan alami yang tepat untuk membuat sampo.
 
Kamu hanya perlu menyiapkan 1 buah alpukat matang, 1 sdm baking soda, dan 1 sdm air. Kemudian ambil daging buah alpukat lalu campur dengan baking soda dan air. Kamu bisa menggunakan blender agar halus dengan sempurna. Setelah itu, sampo dari bahan alpukat ini sudah bisa kamu gunakan, Ladies.
 

2. Lidah Buaya

2. Lidah Buaya

Tanaman yang satu ini pasti sangat mudah kamu jumpai di mana saja, Ladies. Ya, selain berfungsi sebagai salah satu bahan untuk kecantikan, lidah buaya juga bisa kamu manfaatkan sebagai sampo alami. Kandungan anti-bakteri, antiseptik, dan emolien pada lidah buaya berfungsi membantu membersihkan kulit kepala, mengontrol produksi minyak, merangsang pertumbuhan rambut dan membuat rambut kamu jauh lebih sehat.

Kamu hanya perlu mengambil gel bening lidah buaya, lalu tambahkan satu sendok madu, berikan sedikit air lalu blender agar hasilnya lebih halus, kemudian sampo alami ini sudah bisa kamu gunakan.
 

baca juga

3. Kulit Nanas

3. Kulit Nanas

Menurut penelitian, ternyata kulit nanas dapat memperkuat rambut dan mencegah kerontokan, lho. Hal ini dikarenakan adanya kandungan bromelin pada kulit nanas yang dipercaya dapat menstabilkan pembuluh darah dan saraf manusia. Adanya vitamin B3 juga mampu meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala.
 
Untuk membuat sampo ini, kamu harus menghaluskan kulit nanas yang sudah dibersihkan menggunakan blender. Kemudian saring untuk mendapatkan sari patinya, lalu masukkan sari pati tersebut ke dalam air panas. Tambahkan perasan jeruk nipis dan santan kelapa 100cc sambil diaduk. Diamkan bahan sampo ini hingga dingin, lalu sampo dari kulit nanas sudah bisa kamu gunakan.
 

4. Kemiri

4. Kemiri

Kemiri memang dikenal bermanfaat untuk kesehatan rambut. Oleh karena itu, salah satu bumbu rempah-rempah dapur ini juga bisa kamu gunakan sebagai bahan alami membuat sampo, Ladies.

Bakar biji kemiri utuh menggunakan arang hingga gosong, kemudian haluskan kemiri sampai minyaknya dapat diekstrak, lalu saring minyak kemiri tersebut. Minyak inilah yang harus kamu oleskan ke rambut dan diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air mengalir.
 

baca juga

5. Madu

5. Madu

Madu memiliki kandungan mineral dan vitamin C yang tinggi sehingga dapat menyuburkan rambut, mengatasi kerontokan, dan menghilangkan ketombe pada rambut. Selain itu, madu juga dipercaya dapat mengembalikan pH rambut, lho, Ladies.
 
Untuk membuat sampo yang satu ini kamu hanya perlu mencampurkan 3 sdm madu dengan 3 sdm minyak zaitun, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit agar meresap, kemudian bilas menggunakan air mengalir.
 

6. Jeruk Nipis

6. Jeruk Nipis

Asam sitrat pada jeruk nipis dipercaya dapat mengatasi ketombe pada rambut. Selain itu, menjadikan jeruk nipis sebagai sampo juga dapat membuat rambut berkilau, lembut, dan sehat.
Campurkan jeruk nipis dengan jus mentimun, lalu oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit lalu bilas menggunakan air mengalir.