Bagi kita yang memiliki tipe kulit berjerawat, tentunya kita ingin untuk menghilangkan dan membersihkan semua noda di wajah ya, ladies. Akui deh, terkadang jerawat bisa membuat kita kurang percaya diri. Berbagai cara menghilangkan jerawat pun akhirnya kita lakukan, seperti menerapkan berbagai macam skincare karena berharap akan mempercepat hilangnya jerawat.
 
Namun, penggunaan skincare yang kurang benar justru bisa memperparah kondisi kulit dan jerawat kita lho! Maka dari itu, simak skincare routine ini biar jerawatmu bisa hilang dan enggak makin parah.


 

Step 1: Lakukan double cleansing

Hal yang harus diingat apabila kita memiliki tipe kulit wajah yang berjerawat adalah pastikan kalau wajah bersih dari segala kotoran-kotoran. Beraktivitas seharian tentunya membuat banyak debu dan polusi menempel di wajah kita, kan? Belum lagi kotoran dari sisa makeup yang dipakai. Maka dari itu, untuk menghindari pori-pori semakin tersumbat karena kotoran, penting banget untuk melakukan double cleansing ya, ladies!

Double cleansing adalah teknik membersihkan wajah sebanyak dua tahap. Pertama, dengan micellar watercleansing oil, atau makeup remover. Kedua, bersihkan dengan face wash yang cocok untuk kulit wajah berjerawat. Kita bisa memilih face wash yang mengandung salicylic acid, tea tree, atau green tea yang memang ditujukan untuk kulit berjerawat.

Step 1: Lakukan double cleansing
source: https://freepik.com


 

baca juga

Step 2: Gunakan exfoliating dan hydrating toner

Setelah mencuci muka dengan face wash, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengaplikasikan tonerToner adalah salah satu produk perawatan wajah yang memiliki manfaat sangat baik untuk kulit. Fungsi utama toner adalah membantu menyeimbangkan pH kulit wajah, toner juga punya manfaat lain tergantung dari kandungan di dalamnya. Secara umum, terdapat dua jenis toner untuk kulit wajah kita yaitu exfoliating toner dan hydrating toner

Untuk kulit wajah yang berjerawat, kedua jenis toner ini wajib masuk ke dalam rangkaian skincare kita. Exfoliating toner berguna untuk mengangkat sisa sel kulit mati pada kulit. Kandungan aktif dalam exfoliating toner seperti AHA dan BHA juga bisa membantu mengatasi masalah jerawat. Sedangkan, hydrating toner berfungsi untuk menghidrasi dan juga mengembalikan kelembapan kulit, serta mempersiapkan kulit untuk produk skincare selanjutnya. 

Step 2: Gunakan exfoliating dan hydrating toner
source: https://www.drumitloud.com/


 

Step 3: Pilih essence atau serum dengan active ingredients

Serum dikenal dengan skincare yang memiliki konsentrasi bahan aktif yang paling tinggi. Bahan aktif dari serum bisa meresap jauh ke dalam kulit kita dan memperbaikinya dari dalam lho, ladies. Tidak heran jika serum menjadi sangat penting untuk merawat kulit kita. Cara menghilangkan jerawat bisa dilakukan dengan penggunaan serum yang memiliki kandungan niacinamide, centella asiaticagreen tea, ataupun Vitamin C!

Step 3: Pilih essence atau serum dengan active ingredients


 

baca juga

Step 4: Jangan lupakan penggunaan moisturizer

Kebanyakan pemilik wajah berjerawat juga memiliki tipe kulit wajah yang berminyak. Kita sering menganggap bahwa kulit yang berminyak tidak memerlukan moisturizer atau pelembap lagi. Tapi jangan salah, ladies! Kulit yang berminyak bisa jadi merupakan tanda kulit yang dehidrasi. Makanya, kulit kita akan terus menerus memproduksi minyak dan terkadang kelebihan minyak tersebut yang menyumbat pori-pori dan juga menyebabkan jerawat.

Untuk kamu yang memiliki wajah berjerawat sekaligus berminyak. kamu bisa memilih moisturizer yang berbentuk gel atau moisturizer dengan klaim oil-free. Pastikan juga kalau pelembap yang kita pilih tidak menyumbat pori-pori ya!

Step 4: Jangan lupakan penggunaan moisturizer


 

Step 5: Obat Totol Jerawat

Jerawat membandel memang kadang muncul di waktu-waktu yang genting. Tapi tenang saja, ada spot treatment atau obat totol jerawat yang bisa mengatasi jerawat bandel! Bentuknya juga ada berbagai macam, mulai dari yang berbentuk gel, cream, lotion bahkan stickerSpot treatment yang berbentuk lotion biasanya mengandung sulfur untuk membuat jerawat cepat kering. Saat ini sticker jerawat banyak digunakan karena bisa digunakan di bawah makeup!

Step 5: Obat Totol Jerawat


 

Step 6: Lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen

Rangkaian skincare routine-mu di atas akan menjadi sia-sia lho jika kamu malas menggunakan sunscreen! Bayangkan ketika kamu sudah susah payah memperbaiki kulitmu namun sinar matahari dengan gampang merusaknya? Kamu tentu enggak mau hal tersebut terjadi kan. Maka dari itu, selalu gunakan sunscreen di siang hari ya, ladies. Bahkan ketika kamu beraktifitas di dalam ruangan. Pilihlah jenis sunscreen yang cepat menyerap ke kulit dan terasa ringan, sehingga suncreen tidak akan meninggalkan efek enggak nyaman, sekalipun untuk kulitmu yang berminyak.

Step 6: Lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan sunscreen
source: https://unsplash.com

Itu dia rangkaian skincare routine yang bisa menjadi cara menghilangkan jerawat. Dalam perjalanannya, kita memang tidak bisa menemukan skincare yang tepat dalam sekali mencoba ya, ladies. Memang membutuhkan banyak waktu dan perjuangan demi mendapatkan kulit yang bersih dan sehat. Jadi untuk semua pejuang jerawat di luar sana, jangan patah semangat!