Dengan mengonsumsi makanan dan minuman tertentu, seperti sup ayam atau jahe, bisa membantu meredakan flu. Karena menurut orang-orang, flu adalah penyakit yang bisa sembuh dengan sendirinya. Tapi jangan salah, ada juga beberapa makanan yang malahan bisa memperburuk flu. Dikutip dari Reader Digest’s, ada lima makanan yang harus kamu hindari saat terkena flu.
 

Makanan Berlemak

Makanan Berlemak

Jika dibandingkan dengan makanan yang berkarbohidrat dan protein, makanan berlemak ternyata lebih sulit dicerna, lho! Karena hal itu, jika kamu mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak itu bisa menyebabkan peradangan dan juga mengganggu sistem kekebalan tubuh.
 

baca juga

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sederhana

Makanan yang Mengandung Karbohidrat Sederhana

Kalau kamu ingin ngemil, lebih baik hindari kue-kue, roti panggang mentega dan juga pasta. Kamu bisa mengganti cemilan itu dengan gandum utuh. Karena makanan seperti aneka kue, roti panggang mentega dan pasta mengandung karbohidrat yang sederhana, jadi dengan cepat diolah tubuh menjadi gula darah, dan itu bisa memicu efek peradangan. Sedangkan kalau kamu mengonsumsi gandum, makanan itu dicernanya bisa lebih lama dan enggak meningkatkan kadar gula darah.
 

Permen

Permen

Kalau kamu ingin menghibur diri saat flu menyerang, lebih baik hindari makanan yang mengandung gula. Karena makanan yang mengandung gula bisa menyebabkan peradangan yang juga melemahkan sel-sel darah putih di dalam tubuh. Sedangkan sel-sel darah putih adalah kunci untuk melawan infeksi.
 

baca juga

Minuman Berkafein

Minuman Berkafein

Minuman yang mengandung kafein dan juga memiliki kandungan gula yang tinggi, dan itu bisa menyebabkan peradangan yang membuat tubuh kamu sulit untuk melawan infeksi. Minuman yang mengandung kafein itu ada kopi, teh dan soda, minuman itu juga bisa membuat kamu dehidrasi.
 

Minuman Beralkohol

Minuman Beralkohol

Minum-minuman beralkohol juga bisa memicu dehidrasi yang membuat tubuh kamu jadi memburuk. Sama dengan makanan yang mengandung gula, alkohol ini juga bisa menyebabkan peradangan dan melemahkan sel-sel darah putih. Jadi, lebih baik kamu minum air putih hangat agar flu bisa cepat pulih.

Jika sudah terkena gejala flu, lebih baik istirahat yang cukup dan perhatikan makan-makanan yang akan kamu konsumsi.