1. Mencerahkan Mood

1. Mencerahkan Mood

Hasil dari sebuah penelitian menunjukkan bahwa menari dapat menimbulkan mood yang baik. Mereka yang melakukan kegiatan menari melaporkan bahwa setelah menari mereka merasa senang dan optimis. Hal ini dikarenakan, saat menari tubuh akan memproduksi hormon serotonin yang berfungsi untuk membuat seseorang menjadi senang. Apalagi jika menari dengan menggunakan musik yang ceria, tentunya akan lebih bersemangat.
 

2. Melawan Depresi

2. Melawan Depresi

Salah satu manfaat menari bagi kesehatan mental adalah mengurangi resiko depresi. Hasil dari sebuah penelitian juga menunjukkan, bahwa menari dapat meningkatkan semangat dan membantu melawan depresi. Ketika menari, maka aliran hormon yang meningkatkan suasana hati akan dilepaskan. Sehingga akan membantu mempercepat pemulihan kondisi mental seseorang.
 

baca juga

3. Meningkatkan Daya Ingat

3. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat lain dari menari juga dapat meningkatkan daya ingat. Hal ini telah dibuktikan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rutin menari akan membantu meningkatkan daya ingat, serta mencegah dari demensia atau pikun saat usia semakin bertambah.
 

4. Menghambat Penuaan di Otak

4. Menghambat Penuaan di Otak
Otak juga dapat mengalami penuaan. Dengan menari, maka konektivitas otak akan terus mengalami peningkatan. Karena sel-sel saraf di otak saling berhubungan dengan baik. Hal ini dikarenakan juga fungsi otak terus terintegrasi dengan gerakan, emosi, dan irama musik.
baca juga

5. Menjaga Keseimbangan Tubuh Lebih Baik

5. Menjaga Keseimbangan Tubuh Lebih Baik

Seiring bertambahnya usia, tubuh juga akan kehilangan keseimbangan. Namun, beberapa gerakan tarian juga dapat membantu mengurangi gejala tersebut. Menari juga membutuhkan banyak gerakan cepat dan membuat postur tubuh lebih baik. Jadi bila sering dilakukan, menari akan membantu menstabilkan dan mengontrol keseimbangan tubuh yang lebih baik. 
 

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah hasil penelitian di Italia menunjukkan bahwa menari adalah kegiatan yang bagus untuk mereka yang berisiko penyakit kardiovaskular. Penderita gagal jantung yang rutin menari dapat meningkatkan kesehatan jantung, pernapasan, dan kualitas hidup secara signifikan dibandingkan mereka yang hanya bersepeda atau treadmill berolahraga.
 

7. Menurunkan Berat Badan

7. Menurunkan Berat Badan

Sama halnya seperti olahraga, manfaat menari juga dapat menurunkan berat badan. Cara tersebut memang dianggap lebih menyenangkan dan efektif membakar kalori, apalagi buat kamu yang tidak menyukai olahraga seperti lari. Ketika kamu menari selama 30 menit, maka kalori yang terbakar adalah sebanyak 250 kalori.