1. Nutrisi yang Dihasilkan

1. Nutrisi yang Dihasilkan

Seperti yang kita ketahui, jus biasa maupun cold press juice sama-sama menjadi opsi untuk mengonsumsi buah dan sayur secara simple. Meskipun sama-sama menghasilkan minuman, ternyata nutrisi yang dihasilkan oleh jus biasa dan cold press juice berbeda lho, Ladies.
 
Pada jus biasa, ada sekitar 40% nutrisi tidak terserap dengan baik. Karena vitamin dan mineral dalam buah atau sayur mati akibat panas yang dihasilkan tinggi. Pisau yang berputar dengan kecepatan tinggi menghasilkan panas yang merusak enzim. Buah di dalam mesin blender akan mengalami proses oksidasi sehingga dapat mengurangi kandungan gizi pada buah.
 
Sementara itu, cold press juice menghasilkan ekstrak minuman dengan nutrisi sekitar 80% tetap utuh. Hal ini dikarenakan proses dari cold press juice tidak menghasilkan panas yang berlebihan seperti jus biasa.
 

2. Ketahanan

2. Ketahanan

Selain nutrisi yang dihasilkan berbeda, ternyata jus biasa dan cold press juice memiliki ketahanan yang berbeda, Ladies. Minuman yang dihasilkan dari jus biasa hanya akan tahan satu hari. Hal ini disebabkan oleh proses dari jus biasa yang membuat buah atau sayuran mengalami oksidasi.
 
Sementara, minuman yang dihasilkan dari cold press juice bisa tahan hingga tiga hari dalam lemari es. Ketahanan cold press juice lebih lama dibanding jus biasa karena pada proses cold press juice tidak membuat buah atau sayuran mengalami oksidasi.
 

baca juga

3. Efisiensi

3. Efisiensi

Pada proses jus biasa, tidak efisien untuk mengekstrak sayuran hijau karena masih menyisakan ampas basah yang masih mengandung nutrisi di dalamnya.
Sementara pada proses cold press juice terbilang cukup efisien untuk memeras semua nutrisi dari sayuran hijau. Sementara sisa ampas pada proses cold press juice ini hanyalah ampas kering yang tidak memiliki kandungan nutrisi.
 

4. Detoksifikasi

4. Detoksifikasi

Hasil minuman dari ekstrak buah dan sayur yang melalui tahap centrifugal juicer pada jus biasa dan masticating juicer pada cold press juice sama-sama berfungsi sebagai minuman untuk detoksifikasi tubuh.

Namun, tentu saja kandungan nutrisi yang berbeda dari jus biasa dan cold press juice dapat menjadi patokan seberapa ampuhnya untuk detoksifikasi tubuh dari racun.
Selain itu, harga cold press juice yang lebih mahal dari jus biasa memang cukup worth it karena nutrisi yang dihasilkan jauh lebih baik dan efisien sebagai detoksifikasi.