Perawatan rambut menggunakan bahan-bahan alami telah lama dilakukan. Mulai dari minyak jarak, lidah buaya, hingga minyak biji hitam diyakini dapat membantu pertumbuhan rambut. 

Namun, kini banyak orang yang mulai memanfaatkan air beras untuk perawatan rambut, apalagi cara membuatnya sangat mudah. Lantas, benarkah air beras dapat membantu pertumbuhan dan perawatan rambut? 

Tak Hanya Wajah, Air Beras Dapat Digunakan untuk Perawatan Rambut

Joshua Zeichner, Direktur Penelitian Kosmetik dan Klinis di Dermatologi Mount Sinai, menjelaskan, air beras telah digunakan selama puluhan tahun dalam budaya Timur untuk merawat rambut. 

Bahkan, ada desa wanita di Huang Luo, Cina, yang mendapatkan sebutan sebagai Tanah Rapunzels lantaran ada wanita di tempat itu yang memiliki rambut hingga sepanjang enam kaki. "Rahasianya karena air beras," kata Zeichner. 

baca juga
Tak Hanya Wajah, Air Beras Dapat Digunakan untuk Perawatan Rambut

Namun, kata Zeichner, belum ada data ilmiah yang menunjukkan bahwa air beras dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Meski belum terbukti secara ilmiah dapat menumbuhkan rambut, air beras memiliki manfaat menjaga rambut tetap sehat. 

Menurut Zeichner, air beras kaya akan pati yang dapat melapisi permukaan rambut guna menambah kekuatan dan kelembapan serta memberikan hidrasi pada kulit kepala. Selain itu, terdapat inositol, salah satu komponen inti yang ditemukan dalam air beras

Tak Hanya Wajah, Air Beras Dapat Digunakan untuk Perawatan Rambut

Komponen ini adalah karbohidrat yang memperbaiki dan melindungi rambut. Terdapat pula, asam amino yang bekerja memperkuat akar rambut, meningkatkan volume rambut, serta menjaga rambut tetap berkilau dan halus. Tak hanya itu, campuran vitamin A dan E serta mineral dapat memperbaiki tekstur rambut dan menjaga rambut tetap sehat. 

Bahan-bahan itu juga berfungsi mengurangi dan memperbaiki ujung rambut yang bercabang, membantu melawan ketombe, menghilangkan dan membunuh kutu, bahkan sebagai pengganti kondisioner.

baca juga
Tak Hanya Wajah, Air Beras Dapat Digunakan untuk Perawatan Rambut

Cara mengaplikasikan air beras sangat mudah. Kamu cukup merendam rambut dalam air bekas cucian beras selama 15 hingga 20 menit setiap minggu. Cara lain, kamu bisa memasukkan cucian air beras itu ke dalam botol semprot. Kemudian semprotkan ke rambut secara merata dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas rambut dengan shampo hingga bersih. 

Sumber: Purewow

Ladies
bantu Beautynesia jadi lebih baik lagi dengan mengisi survei ini yuk!