Tidak hanya memiliki destinasi wisata dan keindahan alam yang luar biasa, Makassar juga memiliki kuliner yang bikin ngiler. Kalau enggak percaya, coba deh sambil berwisata kamu mencicipi makanan khas Makassar. Karena tidak sedikit makanan khas Makassar yang menjadi ikonik di kota tersebut. Memang sih, di Jakarta sendiri banyak yang menjual makanan khas Makassar, tapi paling enak lagi kalau makan langsung di kotanya. Nah, bagi kamu yang lagi jalan-jalan di Makassar wajib cobain kuliner khas Makassar ini.
 

Mie Titi

Mie Titi

Mie gaya Makassar ini memiliki sensasi dan rasa sedap yang berbeda dengan mie pada umumnya. Sajian mie ini memilki tekstur yang sangat tipis dan renyah, dengan limpahan kuah kental berbahan telur, kaldu ayam, tepung kanji serta beragam bumbu rempah. Mie khas Makassar ini akan lebih enak jika dilengkapi dengan irisan daging ayam, udang, jamur, cumi dan irisan jeruk nipis.
 

baca juga

Jalangkote

Jalangkote

Berikutnya ada makanan ringan yang memiliki tekstur hampir sama dengan pastel. Namun yang berbeda dari pastel adalah kulit dari jalangkote ini lebih tipis dan perbedaan yang paling mencolok adalah cara makan-makanan ini. Jalangkote memiliki bahan dasar dari tepung terigu dan mentega yang isiannya ada kentang, wortel, tauge, telur, mie atau bihun. Kamu bisa menyantap makanan ini dengan sambal cair yang terbuat dari cabai rawit, cabai merah, bawang putih, bawang merah, garam, gula pasir dan tidak ketinggalan cuka.
 

Sop Konro

Sop Konro

Memiliki tampilan kuah yang berwarna hitam seperti Rawon, ternyata Sop Konro ini memiliki bahan dasar dari kluwak, lengkuas, ketumbar dan kapulaga. Disajikan dengan daging dan iga sapi yang empuk bersama balutan lemak yang menjadi alasan kenapa makanan ini disebut dengan ‘konro,’ yang berarti iga. Makanan ini akan lebih lezat jika dinikmati bersama ketupat. Namun dengan seiringnya waktu, Sop Konro memiliki variasi dalam penyajiannya yaitu Konro Bakar yaitu iga sapi yang dibakar menggunakan bumbu rempah-rempah.
 

baca juga

Coto Makassar

Coto Makassar

Siapa yang enggak tahu dengan makanan khas Makassar yang satu ini? Ya, coto makassar makanan khas yang sudah tidak asing lagi untuk para pelancong di Makassar. Coto Makassar ini berupa sup dengan bahan dasar daging sapi dengan racikan rempah. Saat ingin menyantapnya jangan lupa disantap bersama nasi atau ketupat, yang membuat tambah lezat.
 

Pallubasa

Pallubasa

Makanan ini disajikan dengan kuah kental hasil dari kelapa parut sangrai, sehingga memiliki rasa gurih yang enak banget. Berbeda dengan Coto Makassar dan Sop Konro yang menyantapnya dengan bahan pelengkap ketupat, Pallubasa lebih enak disantap dengan nasi putih hangat. Agar lebih nikmat saat disantap, Pallubasa biasa disajikan selagi panas yang dituang ke dalam mangkuk kecil lengkap dengan telur ayam kampung mentah di dalamya. Jangan khwatir akan amis, rasa gurih yang dihasilkan dari kuah kental serta perpaduan kelapa parut sangrai itu tidak akan membuat amis.
 

Pisang Epe

Pisang Epe

Nah, jika sudah menyantap makanan gurih yang disebutkan di atas tadi, kamu bisa nyicipin camilan manis khas Makassar ini. Nama makanan ini sendiri sangat unik yaitu Pisang Epe, nama unik itu berasal dari cara mengolah pisangnya yang dijepit di antara dua bilah kayu. Jenis pisang yang digunakan pun pisang kepok yang dipipihkan lalu dipanggang di atas bara api. Setelah itu, pisang akan disajikan dengan siraman saus gula aren yang ditambah dengan parutan kelapa. Hal itu akan menambahkan rasa manis dan gurih saat kamu menyantapnya.
 

Es Pisang Ijo

Es Pisang Ijo

Usai menyantap makanan berat dan camilan khas Makassar, jangan lupa untuk nyobain jajan es pisang ijo. Memiliki bahan dasar pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau, bubur sumsum, sirup merah, saus santan dan susu kental manis juga tidak lupa tambahan es serut yang akan membuat kamu segar. Balutan pisang berwarna hijau itu menggunakan bahan pewarna alami sehingga menghasilkan warna yang cantik.