Dalam hidup, selalu ada fase yang kamu lalui setiap harinya. Tak hanya momen sedih, momen-momen bahagia pun sering kamu rasakan. Tak terkecuali, momen saat akhirnya kamu dan pasangan melangkah ke jenjang pernikahan. Sebagai momen dimana kamu dan pasanganmu mengikat janji suci sehidup semati, tentunya pesta pernikahan akan semakin berkesan jika orang-orang yang kamu undang turut hadir dan berbahagia untukmu.

Pertimbangkan Hal Ini Sebelum Kamu Mengundang Mantan ke Pernikahanmu

Saat sedang merencanakan pesta pernikahan, list tamu undangan pastinya menjadi suatu hal yang harus kamu persiapkan secara matang. Tak bisa asal mengundang orang, tamu undangan haruslah memang orang-orang terdekat dan memiliki arti bagi kamu dan pasangan. Namun, apakah kamu ingin mengundang mantan pacarmu? Jika jawabannya ‘iya’, pastikan kamu sudah mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

1. Apa Alasan Mengundang Mantan?

Sebelum kamu memutuskan untuk mengundang mantan ke acara pernikahanmu, kamu perlu menanyakan pada dirimu sendiri: apa alasanmu mengundangnya ke pernikahanmu? Apakah ia memang sepenting itu untuk hadir di acara bahagiamu? Apakah hubungan kamu dan mantan memang baik dan bisa sama-sama santai dan menerima keadaan? Apakah kalian kini berteman? Atau, kamu ingin menunjukkan bahwa kamu kini lebih bahagia meski tanpa dia?

1.	Apa Alasan Mengundang Mantan?

Jika niatanmu mengundang mantan memang untuk hal yang baik, kamu bisa meneruskan keinginanmu mengundang mantan ke pesta pernikahanmu. Namun, jangan sampai undangan pernikahanmu membuat mantanmu malah cemburu, sakit hati atau marah, ya. Nanti bisa-bisa hubungan kalian malah semakin runyam.
 

baca juga

2. Pikirkan Reaksi Mantan

Ketika kamu memang berniat baik dengan mengundang mantan ke pesta pernikahanmu, langkah kedua yang harus kamu pikirkan ialah reaksi mantan pacarmu ketika menerima undangan pernikahan darimu. Mungkin saja kamu memang sudah bisa move on dan menjalani kehidupan dengan baik tanpa dia. Tapi, apakah mantan pacarmu juga demikian?

2.	Pikirkan Reaksi Mantan

Saat hubunganmu dengan sang mantan masih terasa canggung atau mantanmu belum “sepenuhnya” move on dari kegagalan hubungan kalian, ada baiknya kamu menjaga jarak terlebih dahulu demi menghormati perasaannya. Sooner or later, mantanmu pasti bisa bangkit dan berdamai dengan perasaannya.
 

3. Diskusikan dengan Pasanganmu

Saat kamu sudah sangat yakin bahwa kamu dan mantan sudah sama-sama move on dan berteman, jika kamu ingin mengundangnya ke pernikahanmu, jangan sampai lupa untuk membahas soal ini dengan pasanganmu. Jelaskan secara gamblang dan jujur mengapa mantan pacarmu perlu diundang pada pesta pernikahan kalian. Kamu juga perlu meyakinkan pasanganmu bahwa hal tersebut semata-mata untuk tujuan yang baik, tanpa maksud untuk membuat pasanganmu cemburu.

3.	Diskusikan dengan Pasanganmu

Jika pasanganmu mengizinkanmu untuk mengundang mantan ke acara pernikahan kalian, maka itu adalah hal yang baik. Namun, jika pasanganmu justru jadi tidak nyaman, atau bahkan cemburu dan marah, lebih baik urungkan niatmu itu.
 

baca juga

4. Pikirkan Reaksi Keluarga

Jika pasanganmu pun menyetujui keinginanmu mengundang mantan, selanjutnya kamu perlu memikirkan reaksi keluarga besarmu dan pasangan. Jika orang tuamu dan calon mertuamu mengizinkan, maka itu bagus. Namun, jika mereka keberatan, kamu perlu berpikir berulangkali untuk akhirnya mengundang mantan. Ingat, restu orang tua merupakan hal yang penting.

4.	Pikirkan Reaksi Keluarga


 

5. Siapkan Dirimu

Hal terakhir namun tak kalah penting yang harus kamu pikirkan adalah: apakah dirimu benar-benar siap mengundang mantan ke acara pernikahanmu? Karena meskipun sudah berteman, bukannya tidak mungkin, kamu terhanyut dalam nostalgia jika melihatnya kembali. Selain itu, bagaimana jika pasanganmu juga memutuskan untuk mengundang mantannya ke acara pernikahan kalian? Apakah kamu siap bertemu dengan mantan pacarnya?

5.	Siapkan Dirimu

Kesimpulannya, mengundang mantan pacar memang merupakan keputusan besar yang harus dipersiapkan secara matang. Tidak hanya pasangan serta keluarga yang harus kamu yakinkan, namun juga dirimu sendiri. Apakah kamu benar-benar siap mental untuk mengundang mantanmu? Pikirkan baik-baik, ya.