Sedotan plastik adalah produk yang digunakan dalam waktu sangat singkat dan setelah itu dibuang begitu saja. Namun ternyata dampak dari penggunaan sedotan plastik sungguh buruk apalagi untuk lingkungan hidup.
 

Pemakaian Sedotan Berbahaya, Inilah Pengganti Alternatif yang Bisa Digunakan

Inilah bahaya sedotan plastik yang mengintai bagi lingkungan dan kesehatan:

  • Sedotan plastik menjadi salah satu sampah lautan yang paling banyak ditemukan. Sehingga bisa membahayakan seluruh makhluk hidup di laut.
  • Dapat menyebabkan lebih banyak udara masuk ke sistem pencernaan. Sehingga memungkinkan kamu mengalami peningkatan gas dan kembung di perut.
  • Beresiko mengalami gigi berlubang karena minum dengan sedotan cenderung mengirim aliran cairan yang terkonsentrasi ke area kecil gigi yang dapat mengikis ename.

Karena efeknya yang luar biasa, perusahaan-perusahaan besar di dunia mulai bergabung di kampanye anti sedotan plastik. Seperti Starbucks, McDonald’s, Royal Caribbean dan banyak lagi. Kampanye ini sudah berjalan di Indonesia sejak tahun 2017, namun benar-benar berjalan di tahun ini.
 

Saat ini sedotan plastik sudah bukan pilihan yang digunakan. Sudah banyak pilihan pengganti yang lebih mendukung gerakan ramah lingkungan. Sehingga meminimalisir dampak buruk dari bahaya sedotan plastik. Inilah pengganti alternatif yang bisa kamu gunakan.
 

baca juga

1. Glass straw

1.	Glass straw

Sedotan ini bisa digunakan dalam waktu yang lama. Menariknya karena terbuat dari kaca yang bening, kamu bisa melihat apakah bagian dalamnya sudah tercuci dengan bersih. Selain itu, sedotan ini bersifat reusable yaitu kamu bisa menggunakannya berkali-kali. Kekurangannya menggunakan sedotan kaca adalah rawan pecah. Jadi, kamu harus menjaganya dengan baik ya!
 

2. Stainless straw

2.	Stainless straw

Pasti ini sudah tidak asing di telinga kamu, sedotan ini menjadi pilihan favorit di kalangan anak muda. Bisa digunakan dalam waktu yang sangat panjang jika dirawat dengan baik. Biasanya Bersama sedotan stainless sudah disertakan sikat pembersihnya. Desain sedotan ini permanen in, kamu bisa beli dengan bentuk lurus, bengkok, diameter kecil atau diameter besar.
 

baca juga

3. Bamboo straw

3.	Bamboo straw

Sedotan ini terbuat dari bambu alami yang ringan, ramah lingkungan, dan bisa menjadi alternatif pengganti sedotan plastik. Biasanya digunakan dalam acara-acara pesta. Kelebihan lainnya adalah dapat terurai secara alami saat tidak digunakan lagi. Proses pembuatannya juga tanpa tambahan bahan kimia atau pewarna, jadi aman untuk lingkungan.


Ladies bantu Beautynesia jadi lebih baik lagi dengan mengisi survei ini yuk!