1. Manfaat Air Lemon Hangat untuk Mengatasi Kanker

1. Manfaat Air Lemon Hangat untuk Mengatasi Kanker
source: http://www.akhayar.com

Belum lama ini muncul informasi kesehatan yang disebar secara random melalui media sosial seperti Facebook hingga di pesan WhatsApp Group. Informasi tersebut berisikan tentang manfaat air lemon hangat yang bisa memusnahkan sel kanker di tubuh.

Jika dikonsumsi secara teratur setiap pagi selama 3 bulan, konsumsi air lemon hangat disebut-sebut bisa membuat sel kanker hilang dengan sendirinya. Rasa pahit yang terkandung dalam air lemon merupakan zat terbaik untuk membunuh kanker. Bahkan dikatakan 1000 kali lipat lebih baik dibandingkan dengan kemoterapi. 

Di samping air lemon, 3 sendok minyak kelapa organik juga disebut-sebut bisa menghilangkan sel kanker, lho. Khususnya bagi kamu yang rutin mengkonsumsinya setiap pagi dan malam selama 3 bulan lamanya. Benarkah demikian?

2. Konfirmasi dari Pihak Kominfo

2. Konfirmasi dari Pihak Kominfo
source: https://www.health.com

Informasi serta postingan pesan tersebut telah mendapat respon langsung dari pihak Kominfo beberapa hari yang lalu. Mereka mengatakan bahwa informasi tersebut merupakan isu lama yang sudah beredar sejak tahun 2013. 

Kominfo menyebut klaim tentang manfaat air lemon hangat yang bisa menhilangkan sel kanker adalah tidak benar. Sampai saat ini, belum ada studi ilmiah yang membuktikan bahwa air lemon memang bisa memusnahkan sel kanker pada manusia. 

baca juga

3. Penjelasan Langsung dari Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia

3. Penjelasan Langsung dari Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia
source: https://www.thehealthy.com

Dikutip dari liputan6.com, Prof. Aru selaku Ketua Yayasan Kanker Indonesia ikut memberikan komentar mengenai kebenaran isu air lemon tersebut. Ia mengajak masyarakat indonesia untuk tidak mempercayai isi pesan tersebut. Menurutnya, air lemon hangat tidak efektif untuk memusnahkan kanker. Kandungan yang ada di air lemon tersebut hanya sebatas vitamin c saja, tidak lebih. 

Bahkan, dokter ahli gizi juga ikut memberikan penjelasan bahwa lemon yang sudah dipotong-potong justru akan cepat kehilangan vitamin C-nya, lho. Hal itu karena lemon yang dipotong telah terpapar udara bebas. Ditambah lagi ketika potongan lemon tersebut dimasukkan ke dalam air hangat, kandungan vitamin C-nya akan teroksidasi lagi dan menjadi semakin berkurang. 

Jadi sebenarnya, lemon yang dicampur dalam air hangat itu bermanfaat sebagai penambah aroma atau rasa saja, Ladies. Kendati klaimnya yang dapat menghilangkan sel kanker terdengar menarik, sayangnya hal tersebut tidak benar, nih. Meskipun enggak sampai ampuh menghilangkan sel kanker, kamu bisa menikmati segelas air lemon hangat setiap harinya sebagai salah satu sumber vitamin C, atau sekedar untuk minuman hangat saja.

Semoga bermanfaat!