1. Penyebab TB Paru

1. Penyebab TB Paru
source: https://hellosehat.com

Penyakit TB paru adalah penyakit paru-paru yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium tuberculosis, Ladies. Umumnya, penularan TBC terjadi melalui udara, saat penderita penyakit TB aktif batuk dan memercikkan dahak atau lendir. Risiko penularan TBC cukup tinggi terhadap orang-orang yang sering menghabiskan waktu dengan penderita TBC, seperti teman sekantor, keluarga, atau teman sekelas.

Namun perlu kamu ketahui Ladies, penyakit ini enggak menular melalui kontak fisik, kok. Berjabat tangan ataupun menyentuh peralatan yang sudah terkontaminasi bakteri TB tidak lantas membuatmu akan tertular penyakit ini. Berbagi makanan atau minuman dengan penderita tuberkulosis juga tidak menyebabkan kamu juga akan tertular penyakit TB.

2. Tubuh Tidak Merasakan Indikasi Adanya Penyakit TB Paru

2. Tubuh Tidak Merasakan Indikasi Adanya Penyakit TB Paru
source: https://www.cakapcakap.com

Ciri-ciri penyakit TB paru tidak selalu bisa dirasakan oleh pasien. Ada beberapa kasus di mana penderita tidak merasakan indikasi adanya penyakit TB paru pada tubuhnya. Penderita penyakit ini masih bisa beraktivitas seperti biasa sampai pada akhirnya menyadari bahwa dirinya telah terinfeksi bakteri TB. 

Nah, untuk gejala yang seperti ini disebut dengan infeksi TB laten. Kondisi ini berupa tubuh masih mampu melawan bakteri Tuberkulosis sehingga pasien tidak merasa sedang sakit. Pasien yang menderita infeksi TB laten biasanya tidak bisa menularkan bakteri TB ke orang lain. Walau begitu, pasien tetap harus mendapat penanganan khusus dari dokter. 

baca juga

3. Penyakit TB Aktif

3. Penyakit TB Aktif
source: https://health.detik.com

Pelan tapi pasti, begitulah cara kerja bakteri penyakit TB paru yang bersarang di tubuh penderita. Ketika bakteri TB sudah menjadi aktif dalam tubuh dan berkembang biak, maka pasien mulai merasakan gejala atau ciri-ciri penyakit TB paru. Dalam kondisi seperti ini, pasien sudah bisa menularkan bakteru TB ke orang lain. Maka dari itu, pasien perlu mendapat perawatan khusus di ruang tertutup. 

4. Penyakit TB Paru Bisa Menyerang ke Organ Tubuh Lain

4. Penyakit TB Paru Bisa Menyerang ke Organ Tubuh Lain
source: https://www.republika.co.id

Pada dasarnya, penyakit TB menyerang paru-paru. Namun jika sudah parah, bakteri TB bisa menyerang ke organ tubuh lainnya seperti kelenjar getah bening, tulang, kulit dan organ vital lainnya. Dan jika sudah di tahap ini, dunia medis menyebutnya sebagai TBC Sekunder. 

baca juga

5. Ciri-ciri TB Paru

5. Ciri-ciri TB Paru
source: https://bp-guide.id

Berikut ciri-ciri penyakit TB paru yang wajib kamu ketahui :
  1. Batuk yang berlangsung selama 3 minggu atau lebih. Biasanya batuk akibat TB paru tidak akan sembuh jika diobati dengan obat batuk biasa. Bahkan kondisi akan semakin memburuk jika tidak mendapat penanganan khusus Tuberkulosis. 
  2. Nyeri di dada. Rasa nyeri ini disebabkan karena batuk dan kondisi radang paru-paru yang semakin memburuk. 
  3. Batuk Berdahak. Ya, batuk TB paru adalah jenis batuk produktif alias berdahak. Biasanya dahak akan keluar lebih banyak ketika bangun di pagi hari. 
  4. Sesak Nafas. Hal ini terjadi karena saluran pernafasanmu dipenuhi dengan dahak. Selain itu peradangan atau kerusakan yang terjadi di paru-paru membuat nafasmu menjadi lebih pendek alias sesak. 
  5. Batuk Darah. Jika kamu sudah mengalami kondisi ini sebaiknya langsung periksakan ke dokter. Darah yang dihasilkan disebabkan karena guncangan batuk yang kuat sehingga membuat pembuluh darah menjadi rapuh dan mudah pecah.