Keloid sering kali membuat sebagian perempuan merasa kurang percaya diri. Biarpun ada yang mengatakan jika bekas luka ini bisa menghilang dengan sendirinya. Namun, membutuhkan waktu yang sangat lama. Bagi kamu yang penasaran dengan apa itu keloid dan cara menghilangkannya sendiri di rumah, simak ulasan berikut ini yuk!
 

Apa itu Keloid?

Apa itu Keloid?

Keloid adalah bekas luka akibat cedera atau operasi yang kemudian tumbuh secara abnormal. Keloid ini tumbuh di luar batas kulit yang cedera. Akibatnya luka tampak melebar dan seperti tonjolan pada kulit. Pada umumnya, keloid tumbuh dalam waktu 3-12 bulan hingga bertahun-tahun. 

Awalnya keloid muncul dengan tonjolan warna merah muda, lalu berubah menjadi lebih gelap seiring berjalannya waktu. Saat disentuh, keloid terasa lembut dan licin serta menimbulkan rasa gatal dan nyeri. Pada kasus keloid yang parah, benjolan bisa berukuran sangat besar dan teksturnya padat. 

Keloid biasanya rentan muncul pada tubuh bagian telinga, leher bagian belakang, pundak, lengan, punggung atas hingga dada. Jika memiliki anggota keluarga yang memiliki keloid, kamu bisa jadi berisiko untuk mengalaminya juga. 

baca juga

Cara Mencegah Keloid

Cara Mencegah Keloid

Jika kamu berisiko mengalami keloid, bisa melakukan upaya pencegahan dengan tidak menindik atau membuat tato di tubuh dan wajah. Jika hendak melakukan operasi, konsultasikan hal ini pada dokter bedah. Saat terluka, pastikan untuk menjaga kebersihan hingga luka benar-benar sembuh. 

Perawatan Keloid di Rumah dengan Bawang Putih

Perawatan Keloid di Rumah dengan Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum L.) ternyata punya manfaat yang sangat besar untuk menyembuhkan luka, karena kandungan antioksidan yang dimilikinya. Bawang putih bisa memblokir enzim tertentu yang membentuk penumpukan jaringan dan pigmen. Mengaplikasikan bawang putih pada kulit bisa membantu meringankan bekas luka. 

  1. Siapkan 3 siung bawang putih, haluskan.
  2. Oleskan pada area keloid
  3. Diamkan selama 15 menit
  4. Cuci dengan air dan oleskan pelembap
 

 

baca juga

Perawatan Keloid dengan Madu

Perawatan Keloid dengan Madu

Madu mengandung anti-inflamasi yang membantu mengurangi keloid. Bahan alami ini bisa menjadi pilihan yang aman, karena rendah risiko efek samping. 

  1. Oleskan sedikit madu varian apa saja (lebih baik madu asli atau organik) pada keloid
  2. Ulangi dua hingga tiga kali sehari
  3. Cuci dengan air hangat

 

Perawatan Keloid dengan Aspirin

Perawatan Keloid dengan Aspirin

Ya, aspirin secara signifikan bisa mengurangi pembentukan bekas luka. Hal ini dijelaskan dalam sebuah penelitian tahun 2005 yakni High-mobility Group Box Protein-1, Matrix Metalloproteinases, and Vitamin D in Keloids and Hypertrophic Scars

  1. Haluskan 3-4 tablet aspirin
  2. Campurkan dengan air yang cukup hingga membentuk pasta
  3. Oleskan pada keloid, biarkan selama 1 jam
  4. Bilas hingga bersih, lakukan setiap hari. 


Keloid juga bisa dihilangkan dengan tindakan medis seperti penggunaan laser, silikon gel hingga suntikan kortikosteroid pada keloid. Lebih baik konsultasikan pada dokter bedah atau kulit terdekat untuk menanganinya. Semoga berhasil!