Mulai belajar hal-hal baru

Image result for learn new things
source: greatplacetowork.com

Salah satu cara ampuh untuk meningkatkan memori adalah mempelajari keterampilan baru, Ladies. Hal tersebut diungkapkan oleh studi yang dilansir dari verywellmind.com. Ada beragam keterampilan baru yang bisa kamu coba, mulai dari belajar alat musik, fotografi digital, hingga mempelajari bahasa baru yang selama ini memang ingin kamu pelajari. Jangan tunggu tua untuk belajar hal baru, manfaatkanlah masa mudamu. Tidak hanya mencegah pikun, cara ini juga bermanfaat mengembangkan diri agar jalanmu menghadapi dunia kerja jadi lebih mudah.

Melatih aktivitas otak dengan bermain permainan papan

Image result for permainan papan
source: republika

Kamu mungkin belum tahu Ladies, bermain permainan papan ternyata mampu melatih aktivitas otakmu, lho. Ada banyak jenis permainan papan yang bisa kamu mainkan, catur contohnya. Cara sederhana yang juga seru dilakukan ini dipercaya dapat memperkuat otak agar tidak mudah pikun. Kalau kurang suka main catur, kamu juga bisa memilih permainan papan lain seperti card game UNO atau congklak. Seru!

baca juga

Menggambar peta

7 Latihan untuk Memperkuat Otak agar Tidak Mudah Pikun, Coba deh!
source: idntimes

Aktivitas yang mungkin pernah kamu lakukan saat duduk di bangku sekolah dasar ini bisa kamu lakukan kembali saat sudah dewasa, Ladies. Menggambar peta diketahui dapat membantu mengaktifkan beragam fungsi yang terdapat di area otak, lho. Hal ini karena saat menggambar peta, kamu memaksa otak untuk mengingat tata letak lingkungan saat menggambarnya.

Kamu bisa coba menggambar peta kota tempat tinggalmu lengkap dengan navigasi jalan dan lingkungannya. Atau jika tidak ingin repot, kamu juga memvisualisasikan tatanan rumahmu dari kamar yang ada hingga berbagai perabotan rumah yang terdapat di dalamnya.

Melakukan kegiatan menggunakan tangan yang tidak dominan

Penyebab Seseorang yang Dominan Menggunakan Tangan Kiri Alias Kidal
source: indozone.id

Cara selanjutnya untuk memperkuat pikiran adalah menggunakan tangan yang tidak dominan dalam beraktivitas, Ladies. Cara ini merupakan sebuah rekomendasi dari ahli neurobiologi bernama Lawrence Katz dalam bukunya yang berjudul Keep Your Brain Alive: 83 Neurobic Exercises to Help Prevent Memory Loss and Increase Mental Fitness.

Sederhana memang, tapi menggunakan tangan yang berlawanan mampu membuat aktivitas otak meningkat. Kenapa? Karena menggunakan tangan yang tidak dominan memberikan kesan tantangan baru bagi dirimu.