Kutil adalah infeksi pada permukaan kulit yang ditandai dengan benjolan kecil, bertekstur kasar, berwarna pucat atau kecokelatan, serta terkadang terasa gatal dan sakit jika disentuh. Kutil disebabkan oleh human papilloma virus (HPV). Virus ini menyebabkan kelainan pada lapisan kulit, sehingga memproduksi keratin (protein penyusun rambut dan kuku) lebih banyak dari yang dibutuhkan. Kelebihan keratin ini akan menumpuk di permukaan kulit, sehingga terbentuk tekstur kulit baru yang disebut kutil.

Jenis-jenis kutil

Terdapat dua jenis kutil yang dapat tumbuh di wajah:

  • Kutil Datar
Kutil datar sering terjadi di dahi dan pipi. Kutil yang sangat kecil ini seukuran biji poppy. Mereka dapat muncul dalam kelompok besar, memberikan tampilan banyak titik kecil. Kutil jenis ini biasanya muncul dalam warna dari merah muda atau coklat kekuningan. Kutil datar kadang-kadang disebut sebagai kutil remaja karena anak-anak lebih cenderung mendapatkannya daripada orang dewasa.
  • Kutil Filiform

Kutil filiform terlihat berbeda dari semua jenis kutil lainnya. Jenis kutil ini menonjol keluar dari kulit dengan penampilan yang runcing dan kasar, ladies. Mereka bisa berwarna layaknya kulit, merah muda, atau lebih gelap dari kulit di sekitarnya. Kutil filiform sering ditemukan di sekitar mulut, hidung, atau mata. Jika mereka terjadi dalam lipatan mata atau jenis lipatan kulit lainnya, mereka dapat menyebabkan gatal atau ketidaknyamanan lho.

Jenis-jenis kutil
baca juga

Hal yang perlu kamu ingat ketika memiliki kutil di wajahmu, kamu tidak boleh menyentuhnya ya, ladies. Kutil disebabkan oleh virus yang dapat menular apabila disentuh, jadi bila kamu enggak ingin menyebarkan kutil tersebut ke bagian tubuhmu yang lain, jangan coba-coba untuk menyentuhnya ya. 

Sebelum menggunakan cara-cara berikut ini, ada baiknya kamu datang dan periksakan dirimu ke dokter. Hal ini untuk mencegah adanya infeksi yang semakin parah, apalagi ketika kutil tumbuh di daerah dekat mata atau hidung. Sedangkan untuk perawatan di rumah, kamu bisa menggunakan bahan-bahan berikut ini.

Jenis-jenis kutil

Cuka Apel

Cara menghilangkan kutil di wajah dapat dilakukan dengan cuka apel atau ACV. Tingkat keasaman yang sangat tinggi dari cuka mampu merusak jaringan kulit yang terkena kutil, menghilangkannya sehingga secara alami dan akan terkelupas sendirinya dari kulit. Karena tingkat keasamannya tersebut, maka apabila kamu memiliki kulit wajah yang sensitif sebaiknya hindari cara ini ya, ladies.

Kamu hanya membutuhkan sekitar 2 sendok makan cuka apel, beberapa bola kapas, dan perban. Rendam bola kapas di dalam cuka apel. Biarkan hingga benar-benar meresap, dan kemudian peras secara perlahan agar tidak menetes ketika kamu mengaplikasikannya ke kutil di wajahmu. Letakkan di atas kutil, dan kemudian gunakan perban. Ulangi cara ini setiap hari hingga kutil benar binar hilang.​​

Cuka Apel
baca juga

Tea Tree Oil

Cara mengobati kutil juga bisa dilakukan dengan menggunakan tea tree oil. Tea tree oil yang dikenal memiliki manfaat baik untuk jerawat ternyata juga sangat baik untuk menyingkirkan kutil karena mengandung sifat antivirus dan antiseptik lho. Tea tree oil akan menghentikan pertumbuhan kutil dan mengeringkannya, sehingga kutil akan rontok secara alami, ladies.

Cara menggunakan tea tree oil sendiri adalah pastikan kamu terlebih dahulu mencuci tangan dan membersihkan daerah sekitar kutil secara menyeluruh. Kemudian, oleskan setetes tea tree oil ke kutil. Pakai perban di atasnya dan biarkan selama setidaknya delapan jam, atau idealnya biarkan dalam semalam. Di pagi hari, lepas perban dan bersihkan area tersebut. Ulangi cara ini sampai kutil menghilang atau rontok, biasanya hasilnya akan terlihat antara satu hingga empat minggu, ladies.

Tea Tree Oil

Asam Salisilat

Asam salisilat atau salicylic acid merupakan zat yang sudah banyak diyakini dapat menghilangkan berbagai masalah kulit, seperti jerawat, psoriasis, termasuk kutil, ladies. Asam salisilat ini sangat mudah digunakan. Bentuknya pun bermacam-macam, ada yang cair, krim, atau salap penghilang kutil di wajah.

Asam yang terkandung di dalamnya dapat menghilangkan kutil dalam beberapa minggu jika dioleskan setiap hari dan dengan cara yang benar. Pertama, kamu perlu mencuci dan keringkan kutil serta kulit di sekitarnya. Hal ini dilakukan agar asam salisilat lebih mudah menyerap ke dalam lapisan kulit ya.

Kemudian oleskan asam salisilat secara langsung pada kutil. Kamu dapat mengoleskannya langsung pada kutil atau melapisinya dengan perban. Namun, selalu perhatikan cara penggunaan yang tercantum pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker ya, ladies. Setiap produk mungkin jenis, dosis, dan cara pakainya berbeda-beda.
Asam Salisilat

Vitamin C

Sebuah penelitian ternyata menunjukkan bahwa kutil merespons perawatan vitamin C dengan baik lho, ladies. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghancurkan tablet vitamin C menjadi bubuk, dan menambahkan cukup air untuk membuat pasta. Oleskan pasta langsung ke kutil, dan ketika area tersebut masih basah, tutup atau bungkus dengan perban dan biarkan selama sehari. Keasaman tinggi dari vitamin C diklaim dapat menghancurkan virus papilloma yang menyebabkan kutil.

Vitamin C
source: https://supplement.guide/

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan kutil, ladies. Yang perlu kamu ingat adalah selalu menjaga kebersihan badan maupun wajah agar kutil tidak menyebar ke bagian tubuh yang lebih luas maupun ke orang lain.