1. KERIK/KEROKAN

Bagi masyarakat Indonesia, mungkin tidak asing lagi dengan istilah kerik atau kerokan. Pengobatan alternatif untuk mengusir masuk angin ini dilakukan dengan cara mengerok logam ke permukaan kulit punggung yang telah dilumuri balsem atau minyak terlebih dahulu.

Tidak hanya membantu mengusir masuk angin, kerik juga mempunyai beberapa manfaat yang dapat meredakan gejala beberapa penyakit berikut: 
  • Sakit Kepala Migrain 

Kamu bisa melakukan kerokan saat mengalami sakit kepala migrain. Peneliti mengungkapkan bahwa, efektivitas metode ini tak kalah ampuh dari mengonsumsi obat sakit kepala.
 
  • Pembengkakan Payudara

​​​​​​Ibu menyusui sering mengalami pembengkakan payudara setelah persalinan. Akibatnya ibu akan kesulitan menyusui. Dan kerokan dianggap cukup efektif untuk membantu mengatasi masalah ini.
  • Hepatitis B 

Kerokan bisa membantu meredakan gejala penyakit hepatitis B, misalnya peradangan pada liver, kerusakan pada liver, muncul jaringan parut pada liver, serta menurunkan kadar enzim liver.
  • Sindrom Perimenopause 

Kerokan bisa membantu meredakan gejala sindrom perimenoupause, seperti imsomnia, kecemasan, mudah lelah, serta jantung berdebar-debar. Gejala ini sering muncul pada wanita yang mendekati masa menopause.
 
  • Nyeri Leher

Kerokan ternyata lebih efektif dalam mengatasi nyeri leher daripada bantal pemanas atau koyo. Sebelum membeli obat, kamu bisa melakukan kerokan di leher untuk meredakan rasa nyeri di leher.

Meski tergolong aman, namun jika kamu memiliki gangguan pembekuan darah atau mengonsumsi obat pengencer darah, sebaiknya menghindari kerokan. Selain itu, bagi kamu yang baru saja menjalani prosedur operasi disarankan untuk tidak melakukan kerokan. Hindari juga melakukan kerokan secara berlebihan yang bisa berisiko menimbulkan luka. Pastikan kamu juga menggunakan logam yang telah dibersihkan sebelumnya. 
​​

2. BEKAM

Bekam adalah suatu metode pengobatan yang dilakukan dengan cara menyedot keluar darah kotor. Semakin hari terapi bekam semakin digandrungi oleh banyak orang karena manfaatnya yang cukup banyak untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat bekam yang menakjubkan:
 

  • Membuang Racun, Angin dan Kolesterol 
​​​​​​
Manfaat bekam bisa untuk membuang hal-hal tersebut yang sering menjadi penyebab penyakit. Racun, angin dan kolesterol yang terkumpul pada permukaan kulit bisa ditarik keluar dengan cara menyedot darah kotor, sehingga darah pun menjadi bersih.
  • Melancarkan Peredaran Darah

Terapi bekam terbukti memberikan pengaruh positif terhadap peredaran darah. Penyedotan darah kotor memiliki dampak pada peningkatan aliran darah, sehingga membuat pembuluh darah menjadi lebih kuat. Darah yang tersumbat pun menjadi lancar.
  • Mengatasi demam

Bekam juga bermanfaat untuk mengobati demam. Melalui bekam, faktor patogen bisa dikeluarkan dari dalam tubuh melalui angin dan darah kotor, sehingga demam bisa disembuhkan.
  • Mengobati Berbagai banyak Penyakit 

Manfaat bekam juga bisa mengobati penyakit serius seperti penyakit ginjal, hati, paru-paru dan diabetes. Gangguan pada zakar, mata, sendi dan otot juga bisa diobati dengan melakukan terapi bekam. Selain itu terapi bekam juga bermanfaat untuk mengobati wasir, alergi, asma, rematik dan juga depresi.
  • Memperbaiki Beberapa Sistem Tubuh

Terapi bekam juga bermanfaat untuk memperbaiki atau meningkatkan kualitas organ tubuh dan sistem tubuh. Terapi bekam bermanfaat untuk menajamkan penglihatan, meningkatkan daya ingat dan kecerdasan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan aktivitas saraf tulang belakang.
  • Meredakan Nyeri dan Keluhan

Terapi bekam bisa meredakan nyeri dan rasa sakit pada pinggang, bahu, dada, punggung, perut, dan juga encok. Selain itu beberapa keluhan seperti sakit gigi, migrain, batuk, dan tekanan darah tinggi bisa diobati dengan melakukan terapi bekam.
  • Menghilangkan sihir

Sihir masih saja ada sejak zaman dahulu hingga saat ini. Sihir yang dikirim ke dalam tubuh seseorang akan masuk ke dalam darah. Terapi bekam yang bermanfaat untuk mengeluarkan darah kotor diyakini bisa menyedot sihir yang ada dalam tubuh. 

Efek samping berupa infeksi kulit, peradangan, dan luka bakar bisa saja ada setelah melakukan terapi bekam. Hal ini bisa saja terjadi jika ada hal-hal tertentu yang diabaikan.
 
baca juga

3. URUT

Makin padatnya jadwal pekerjaan rutin harian seseorang atau bagi orang yang melakukan perjalanan jauh pasti akan mengalami tubuh yang tidak seimbang. Misalnya pegal-pegal, kaku otot, tubuh lemas dan kelelahan. Dan kondisi biasanya diatasi dengan cara diurut.

Mengurut badan jika dilakukan sesuai prosedur yang benar maka akan memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:
 

  • Dapat Menghilangkan Capek dan Pegal di Sekujur Tubuh.

 
  • Dapat Meningkatkan Kesehatan Sistem Impuls Saraf.
  • Dapat Melancarkan Peredaran Darah, Menormalkan Kinerja Jantung dan Mampu Meningkatkan Produksi Hemoglobin, Trombosit dan Eritrosit secara Perlahan.
  • Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Anak yang Semula Tidak Mau Makan
  • Dapat Membuat Seseorang Menjadi Terhindar dari Serangan Sulit Tidur atau Imsomnia.
  • Mampu Mengeluarkan Semua Cairan dan Partikel Racun yang Bersarang di dalam Darah dan Otot.
  • Meningkatkan Kinerja Metabolisme Tubuh agar Berjalan Lebih Baik dan Terhindar dari Serangan Radikal Bebas. 


Urut harus dilakukan dengan cara yang benar. Jika urut dilakukan dengan asal dan tidak memiliki kemampuan mengetahui saraf dan pembuluh tubuh, maka bisa fatal. Karena bisa berakibat tubuh akan mengalami cedera dan nyeri yang luar biasa setelah urut.
 

Nah, itulah manfaat masing-masing yang dimiliki oleh 3 pengobatan tersebut. Menurutmu manakah yang lebih baik? Yang terpenting sesuaikan juga dengan gejala penyakit dan kondisi tubuhmu sendiri ya, Ladies.