Banyak cara yang bisa ditempuh wanita untuk menjadi cantik. Salah satu usaha yang paling umum dilakukan adalah memakai skincare. Sebagai usaha merawat kulit, pemakaian skincare tentu diharapkan memberi hasil yang bagus. Namun tidak jarang justru wajah kusam dan wajah kusam kering yang terlihat. Jangan terburu-buru ganti merk skincare, bisa jadi penyebab wajah kusam adalah kesalahan pakai skincare seperti penjelasan berikut ini.

1. Memakai Pembersih yang Tidak Bisa Maksimal Membersihkan

1. Memakai Pembersih yang Tidak Bisa Maksimal Membersihkan

Pilihan produk pembersih wajah dalam rangkaian perawatan tidak bisa dilakukan sembarang. Tidak boleh hanya sekadar bisa menghasilkan busa saja. Kulit wajah membutuhkan sebuah produk pembersih yang benar-benar bisa mengangkat sisa makeup dan kotoran secara maksimal. Karena kulit yang terlihat kusam disebabkan kotoran yang masih terisa di pori kulit. Maka dari itu, pakailah pembersih yang mengandung antioksidan serta salicylic acid yang bisa menjangkau pori.
 

baca juga

2. Memakai Pelembap yang Kurang Menghidrasi Kulit

2. Memakai Pelembap yang Kurang Menghidrasi Kulit

Memilih pelembap memang seharusnya disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk jenis kulit yang cenderung kering, pelembap yang disarankan adalah yang memiliki manfaat menghidrasi. Manfaat ini akan menjaga kadar air pada kulit wajah tetap seimbang sehingga kulit terasa lembap.

Jika kandungan air tidak terpenuhi, maka kulit akan secara otomatis memproduksi minyak yang bisa saja sangat berlebihan. Kondisi inilah yang membuat kulit akan terlihat lebih kusam.

3. Terlalu Sering Eksfoliasi

3. Terlalu Sering Eksfoliasi

Eksfoliasi memang diperlukan untuk mengangkat sel kulit mati. Ada dua jenis produk untuk proses ini, yaitu toner atau berbentuk scrub. Keduanya akan bekerja dengan baik asal dipakai sesuai waktu yang tepat. Jika eksfoliasi dilakukan terlalu sering, bukan hanya sel kulit mati yang terangkat tapi lapisan pelindung kulit juga turut terkisis. Hal ini menyebabkan kulit menjadi kusam karena kotoran lebih mudah masuk ke pori-pori.
 

baca juga

4. Tidak Menggunakan Tabir Surya

4. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Kulit yang kusam juga bisa terjadi akibat terlalu sering terpapar sinar matahari. Maka sunscreen atau tabir surya menjadi produk yang tidak boleh absen dalam rangkaian skincare. Bahkan yang lebih sering di dalam ruangan juga sangat perlu memakai produk yang mengandung SPF. Terlewat menggunakan produk ini tidak hanya akan berakibat kekusaman, tapi juga flek dan tanda-tanda penuaan.
 

5. Salah Urutan Pemakaian

5. Salah Urutan Pemakaian

Semua produk yang dipakai sesuai dengan kondisi kulit, tapi wajah masih saja kusam? Bisa jadi itu karena kesalahan pakai skincare yang tidak tepat sesuai urutan. Maka perhatikan urutan pemakaiannya, mulai dari proses pembersihan, pemakaian pelembap hingga penggunaan tabir surya. Jika langkah-langkahnya terbalik, wajar kulit masih saja kusam meski produk yang dipakai merupakan produk mahal.