Saat menstruasi, wanita akan mengalami perdarahan dari vagina selama 2 hari sampai satu minggu, dengan volume darah rata-rata sekitar 30-70 mililiter nih, ladies. Tetapi ada sebagian wanita yang mengeluarkan darah yang lebih banyak. 

Volume perdarahan terbanyak selama menstruasi terjadi pada hari pertama dan kedua. Makanya di hari pertama dan kedua bisa meningkatkan resiko tembus! Namun, kamu enggak perlu panik, atasi tembus dengan tips berikut ini. 


 

1. Cepat Gganti dengan Pembalut yang Baru

Ada baiknya kamu selalu membawa pembalut cadangan ketika sedang menstruasi ya, ladies. Selain disarankan mengganti pembalut tiap 4 jam sekali, kamu juga bisa langsung mengganti pembalut ketika terjadi tembus. Kamu bisa mencegah hal ini terjadi juga lho, yaitu dengan menggunakan jenis pembalut untuk malam hari yang biasanya mempunyai ukuran lebih panjang. Pembalut yang lebih panjang akan lebih melindungi hingga ke bagian belakangmu. 

1. Cepat Gganti dengan Pembalut yang Baru
baca juga

2. Cuci Sedikit Noda Tembus dengan Air

Ketika kamu sudah selesai mengganti pembalut, kamu bisa juga sekaligus mencuci noda tembus pada celana atau rokmu, ladies. Tidak perlu mencuci rok atau celanamu seluruhnya, kamu cukup mencuci sedikit bercak darah tersebut dengan air. Kucek sedikit sampai nodanya hilang dan memudar, kemudian keringkan dengan tisu, ladies. Ada baiknya kamu juga membawa celana dalam cadangan saat menstruasi hari pertama dan kedua untuk mengantisipasi. 

2. Cuci Sedikit Noda Tembus dengan Air

3. Tutupi dengan Jaket atau Cardigan

Jika kamu belum punya banyak waktu untuk mengganti pembalut saat tembus, kamu bisa menutupi noda tembus tersebut dengan jaket atau cardigan, ladies. Hal ini enggak akan membantu banyak, namun setidaknya noda tersebut bisa kamu tutupi sementara. Sebaiknya cepat-cepat ke toilet saja ya, ladies!

3. Tutupi dengan Jaket atau Cardigan
source: https://fashionjackson.com/
baca juga

Daripada mengalami kejadian enggak mengenakan tersebut, lebih baik kalau kita mencegahnya kan ladies? Jika kamu tembus pada hari pertama karena tidak mengetahui jadwal menstruasi, kamu bisa memulai men-download aplikasi penghitung siklus mentuasi. Dengan begitu, kamu jadi bisa berjaga-jaga pada menstruasi selanjutnya, kan? Selamat mencoba, ladies!