Pangkas skincare yang kamu pakai

Pangkas skincare yang kamu pakai
source: https://www.instagram.com/p/B0z8xqJn6aM/?igshid=10v66x2400ajk

Ladies, banyaknya skincare yang kamu pakai belum tentu bisa memberikan hasil perawatan kepada kulit secara maksimal. Tanpa disadari, terkadang produk perawatanmu yang terlalu beragam ternyata punya kandungan yang memicu kerusakan pada skin barrier-mu.

Sebagai langkah awal dalam memperbaiki skin barrier, coba hindari skincare yang mengandung alkohol, astringents, witch hazel, SLS, dan salicylic acid. Beberapa kandungan ini justru menghilangkan minyak alami kulit dan menjadikan skin barrier-mu kering dan mudah teriritasi.

Hentikan pemakaian produk eksfoliator

Hentikan pemakaian produk eksfoliator
source: https://www.lorealparisusa.com/

Exfoliasi terkadang dibutuhkan untuk mengangkat sel-sel kulit mati agar wajah terlihat glowing. Namun jika skin barrier-mu rusak, ada baiknya coba hentikan dulu pemakaian produk eksfoliasi yang kamu punya. Cara kerja exfoliate yang mengikis sel-sel kulit mati justru bisa membuat kulitmu semakin tipis dan sensitif. Exfoliate kulit juga tidak disarankan untuk dilakukan terlalu sering.

baca juga

Fokus pada skincare yang bersifat melembapkan

Fokus pada skincare yang bersifat melembapkan
source: https://www.instagram.com/p/B1DZjltHNb6/?igshid=1vox1cn6nyyth

Untuk mengembalikan kondisi normal skin barrier-mu, ada baiknya kamu fokus pada skincare yang bersifat melembapkan kulit. Seperti produk skincare yang mengandung niacinamide, linoleic acid, dan sunflower oil. Formula tersebut dikenal sebagai moisturizing agent yang mampu memperbaiki skin barrier-mu. Kandungan niacinamide-nya juga bisa memicu produksi ceramide yang diperlukan oleh kondisi kulit kering.

Gunakan skincare yang kaya antioksidan

Gunakan skincare yang kaya antioksidan
source: https://www.instagram.com/p/B1iTUEqnlkv/?igshid=125h8pz48841p

Seperti yang disebutkan sebelumnya, skin barrier-mu bisa rusak akibat debu, polusi, dan sinar UV. Sebagai solusi, kamu perlu mengaplikasikan skincare yang mengandung antioksidan tinggi, Ladies. Contohnya seperti menggunakan skincare yang mengandung green tea, yang saat ini mudah ditemukan di pasaran. Kamu juga bisa menambahkan produk perawatan yang diperkaya dengan vitamin E, A, dan C dalam rutinitas perawatan kulit harianmu.