Pernah Gagal di Mamamia, Claudia Santoso Juara di The Voice of Germany!

Indonesia patut bangga karena ada satu lagi prestasi anak bangsa yang diperoleh di kancah internasional. Ya, sosok Claudia Emmanuela Santoso, atau lebih dikenal dengan Claudia Santoso menjadi buah bibir setelah berhasil keluar sebagai juara di ajang internasional The Voice of Germany 2019.
 

Pernah Gagal di Mamamia, Claudia Santoso Juara di The Voice of Germany!

Terkenal dengan suaranya yang mampu mencapai nada-nada tinggi, membuat wanita berusia 18 tahun ini menjadi salah satu peserta yang sering mendapat pujian. Claudia Santoso sukses membawakan lagu-lagu yang sulit, seperti Say Something, Never Enough, dan Listen.
 

baca juga
Pernah Gagal di Mamamia, Claudia Santoso Juara di The Voice of Germany!

Pada babak final di hari Minggu 10 November 2019 lalu, Claudia Santoso membawakan lagu lawas milik Whitney Houston yang berjudul "I Have Nothing." Dengan suara yang merdu dan penghayatan yang luar biasa, Claudia membuat juri The Voice of Germany menangis, bahkan Alice Merton yang merupakan juri sekaligus pelatih Claudia langsung memeluknya setelah Claudia selesai menyanyikan lagu tersebut. Tidak hanya itu, seluruh penonton di studio tidak henti-hentinya meneriakkan nama Claudia.

"Claudia, aku tak bisa berkata apa-apa lagi. Sebuah pertunjukan yang megah," ungkap pembawa acara The Voice of Germany.
 

Pernah Gagal di Mamamia, Claudia Santoso Juara di The Voice of Germany!

Keberhasilan Claudia membawakan lagu lawas milik Whitney Houston membawanya meraih perolehan suara sebesar 46,39 persen yang merupakan jumlah voting tertinggi dari lima kontestan lain dari Jerman. Dengan perolehan jumlah suaranya ini, Claudia Santoso berhak keluar sebagai juara dia ajang internasional The Voice of Germany 2019.

Kemenangan wanita cantik asal Cirebon ini langsung diunggah oleh akun Instagram resmi milik The Voice of Germany. Mereka mengunggah foto Claudia dengan menambahkan keterangan, "Selamat, Claudia Manuella memenangkan The Voice of Germany Season 9!"
Dalam unggahan itu, sudah terdapat lebih dari 11,5 ribu tanda suka dan 1.300 komentar yang memberikan selamat kepada Claudia, baik dari warga Indonesia maupun warga Jerman. Sementara di YouTube, video Claudia bernyanyi sudah ditonton lebih dari 400 ribu kali dan mendapat 5,1 ribu komentar.

Prestasi yang diperoleh Claudia tidak hanya membuat dirinya dan keluarganya bangga, tetapi juga seluruh masyarakat Indonesia juga turut bangga dengan prestasi gemilang yang diperolehnya. Kebanggaan warga Indonesia kepada Claudia dibuktikan dengan munculnya nama Claudia Emmanuela Santoso di trending topic Indonesia yang menduduki posisi pertama.