Handphone memang penting sebagai alat komunikasi. Tapi, bukan berarti kamu harus menggunakannya setiap saat, bukan? Termasuk sebelum tidur. Keseringan main handphone sebelum tidur memiliki efek negatif yang perlu kamu hindari, nih. Apa, sih? Simak informasi lengkapnya di bawah ini, yuk!
Efek Negatif Keseringan Main Handphone Sebelum Tidur
source: https://www.netralnews.com/news/kesehatan/read/70078/ini-bahaya-pakai-ponsel-di-malam-hari

Rusaknya Mata

Rusaknya Mata
source: https://lifestyle.okezone.com/
Efek negatif keseringan main handphone sebelum tidur yang pertama adalah mengalami kerusakan mata, Ladies. Kamu bisa mengalami rabun hingga munculnya penyakit katarak mata, lho.

Kok bisa? Karena matamu yang sering terpapar cahaya biru dari handphone ataupun kebiasaan menggunakan handphone di ruangan yang redup dan memiliki cahaya sedikit bikin retina mata jadi lelah dan tegang. Jadi, sebaiknya gunakan handphone di ruangan dengan cahaya yang cukup, dan jangan lupa, kamu juga harus membatasi pemakaian handphone tentunya.
baca juga

Otak Menjadi Kelelahan

Otak Menjadi Kelelahan
source: https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/sering-kelelahan-mungkin-ini-alasannya/

Kelelahan otak akibat terlalu sering memakai handphone sebelum tidur juga mungkin untuk terjadi. Hal ini muncul karena kamu terlalu memaksa matamu untuk terus menatap layar handphone, padahal sebenarnya otakmu sudah kelelahan dan ingin bersitirahat. Akibatnya, kamu bakal merasa sulit untuk berkonsentrasi beraktivitas karena otak masih terlalu lelah.

Insomnia

Insomnia
source: https://www.merdeka.com/sehat/ini-yang-akan-terjadi-jika-kamu-bandel-main-handphone-di-malam-hari.html

Insomnia tak hanya muncul kalau kamu sedang mengalami stress, tapi juga bisa juga terjadi ketika keseringan menggunakan handphone. Hal ini terjadi karena kamu terlalu asyik main handphone sampai lupa waktu.

Kesulitan tidur akan membuatmu terus-menerus merasa lelah, Ladies. Akhirnya kamu pun akan jadi kurang semangat melakukan aktivitas sehari-hari. Jadi, sebaiknya kurangi pemakaian handphone agar tubuhmu bisa rilex kembali di pagi hari dan kamu bisa semangat memulai aktivitasmu.

baca juga

Obesitas

Obesitas
source: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/diabetes-kencing-manis/menghitung-berat-badan-ideal/

Faktanya, terlalu sering menatap layar handphone berisiko membuat kamu mengalami obesitas, lho. Hal ini terjadi karena disaat tubuh kita tetap aktif di malam hari, hormon pengendali lapar jadi kurang stabil, dan akhirnya kamu pun merasa lapar dan haus, dan pada kahirnya memicu kamu untuk ngemil dimalam hari. Kalau hal itu terjadi terus-menerus, bisa-bisa berat badanmu naik drastis, Ladies.