Kulit dari mangga ini berwarna ungu cerah dan memberikan kesan yang cantik. Bukan hanya cantik, buah ini juga memiliki rasa yang enak dan juga memiliki banyak khasiat kesehatan. Banyak orang yang tertarik dan penasaran dengan mangga yang kabarnya asli dari Australia ini.

Berasal dari Australia

Dilansir dari Food.detik.com, mangga irwin dengan nama latin Magnifera Indica ini merupakan varietas mangga introduksi dari Australia. Berbeda dengan mangga lain yang umumnya memiliki kulit berwarna hijau atau kuning, mangga irwin punya warna merah hingga ungu. Meski dikenal sebagai varietas mangga dari Australia, tapi sebenarnya mangga ini pertama kali dikembangkan di Florida Selatan. Pohon mangga ini pertama ditanam pada 1939 di Miami dan buah pertama bisa dipanen pada 1945. Mulai tahun 1949, bibit pohon ini disebarluaskan ke berbagai daerah.

Kemudian mulai dari 1970-an, mangga irwin mulai tumbuh dan berbuah di berbagai negara seperti Jepang, Taiwan dan Australia. Di negeri Kanguru ini, mangga irwin tumbuh subur sehingga tak heran banyak orang yang mengira mangga ini asli dari Australia.

baca juga

Karakter dan Ciri Mangga Irwin

Karakter dan Ciri Mangga Irwin
source: https://www.jualbibittanamanmurah.com/

Warna ungu cerah pada mangga ini berasal dari tigginya zat antosianin. Mangga ini tetap mengandung klorofil penghasil warna hijau namun dalam jumlah sangat sedikit. Mangga ini punya bentuk pangkal yang bulat dan sedikit meruncing pada bagian ujungnya. Permukaan kulitnya halus dan mulus. Ukurannya terbilang sedang, satu buah mangga irwin bisa mencapai berat 500 gram.

Mangga irwin sudah memilki warna merah keunguan sejak masih berukuran kecil. Semakin besar ukuran mangga maka warnanya akan semakin ungu cerah. Lapisan kulitnya juga akan perlahan tampak mengilap.

Rasa Mangga Irwin Ungu

Rasa Mangga Irwin Ungu
source: http://tanamanbuahasri.blogspot.com/

Daging buah mangga Irwin berwarna kuning cerah hingga oranye ketika sudah masak. Aromanya manis segar dengan rasa yang sangat manis. Mangga irwin memiliki daging buah yang padat dan berserat halus. Mangga ini enak disantap langsung, dijadikan campuran salad ataupun diolah jadi minuman.

Daging buah mangga ini tebal karena memiliki biji yang tipis dan kecil. Mangga irwin juga cenderung agak bertepung, ini menandakan kalau mangga mengandung pati yang tinggi. Mangga irwin bisa disantap dalam keadaan setengah matang maupun matang.

baca juga

Khasiat Kesehatan

Khasiat Kesehatan
source: https://www.instarix.org/tag/manggaunik

Buah mangga irwin bukan hanya diburu karena tampilannya yang cantik tapi juga karena khasiat kesehatan yang besar, di antaranya adalah:

  • Mangga ini mengandung vitamin, zat besi hingga antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sekaligus menangkal berbagai penyakit.
  • Mangga irwin tercatat ampuh mengobati diabetes melitus, menjaga kesehatan tulang hingga mengatasi anemia. Banyak yang tak percaya kalau buah super manis ini bisa mengobati diabetes tapi ini dibuktikan dengan kandungan flavaniod serta antosianin.
  • Vitamin D yang berlimpah pada buah ini juga membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi. Ada juga kandungan zat besi yang membantu mengatasi anemia atau kurang darah. Buah ini bagus untuk disantap ibu hamil dan anak-anak.
  • Buah mangga irwin mempunyai kandungan zat besi yang dimana kandungan ini sangat baik untuk mengatasi anemia atau kurang darah. Terutama untuk mencegah anemia pada ibu hamil dan anak-anak.

Harga dan Cara Budidaya

Harga dan Cara Budidaya
source: https://www.instarix.org/media/2144738750323136268

Di pasaran, mangga irwin masih terbilang langka jadi tak heran kalau harganya masih sangat tinggi. Perkilo buah mangga irwin dibanderol mulai Rp 120.000. Di Indonesia sendiri sudah banyak petani dan masyarakat yang membudidayakan mangga irwin. Bibit pohon mangga ini banyak dijual di pedagang tanaman ataupun di situs online dengan harga bervarian mulai Rp30.000-Rp 50.000 per batang bibit.

Pohon mangga irwin bisa tumbuh di dataran rendah dengan cuaca panas. Pohon diprediksi bisa menghasilkan buah setelah usianya 3-4 tahun. Periode panen mangga irwin biasanya berlangsung pada Juni hingga Juli.